4 Rekomendasi Menu Sahur, Praktis dan Tidak Bikin Lemas saat Puasa

By Anisa
2 Min Read
Rekomendasi Menu Sahur

Memilih menu yang sederhana dan praktis tentunya menjadi salah satu alternatif untuk mempersingkat waktu saat menyiapkan menu untuk sahur.

Nah, ada banyak menu sahur yang sehat dan praktis untuk dibuat. Selain membuat dengan waktu yang singkat, bahan-bahannya juga mudah untuk dicari.

Apa saja rekomendasi menu sahur yang praktid dan tidak bikin lemas puasa seharian? Berikut daftarnya yang dilansir dari berbagai sumber.

- Advertisement -
  1. Nasi Merah

Nasi merah bisa menjadi menu pilihan saat sahur sebagai pengganti nasi putih. Hal ini karena nasi merah memiliki kalori lebih rendah jika dibandingkan nasi putih.

Selain itu, nasi merah juga memiliki indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih, mi, atau pasta. 

Oleh sebab itu, mengonsumsi nasi merah selama sahur sebagai pengganti nasi putih tentu dapat membuatmu kenyang lebih lama.

  1. Telur

Selanjutnya menu sahur yang tidak bikin lemas dan merasa keny lebih lama adalah telur. Hal ini berkat kandungan protein dan lemak pada telur yang dapat membuat kamu tidak merasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama.

Meski demikian, pastikan terlebih dahulu memasak telur hingga matang sebelum mengonsumsinya. Tujuannya untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik. 

  1. Kurma

Kurma adalah buah dengan berjuta manfaat yang mencukupi kebutuhan nutrisi saat sahur. Biasanya kurma bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan oatmeal. Tak hanya saat sahur, kurma juga bisa jadi pilihan buah untuk berbuka puasa yang baik.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan diketahui mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan, sehingga baik untuk dikonsumsi ketika sahur.

Dikutip dari Halodoc, kandungan serat yang cukup tinggi pada makanan ini akan membuat sistem pencernaan kamu tetap terjaga. 

Kemudian protein yang terkandung pada kacang-kacangan juga penting dalam memperbaiki dan membangun jaringan tubuh.

Adapun salah satu jenis kacang yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur adalah kacang edamame. Sebab, protein yang terkandung pada edamame akan membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama.

Alhasil, mengonsumsi kacang edamame saat sahur tentunya dapat menjadi salah satu cara yang baik untuk mengendalikan nafsu makan saat berpuasa.

Leave a comment