Indonesia Terancam Dibekukan FIFA Jika Menolak Timnas Israel pada Gelaran Piala Dunia U-20

By Anisa
2 Min Read
Indonesia Terancam Dibekukan FIFA Jika Menolak Timnas Israel pada Gelaran Piala Dunia U-20.

FIFA akan memberikan sanksi kepada Indonesia sebagai tuan rumah jika menolak Timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20 pada 20 Mei 2023 hingga 11 Juni 2023 mendatang.

Diketahui bahwa banyak pihak yang menolak dan menentang kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20, termasuk oleh ormas Islam dan Gubernur Bali. 

Indonesia Tidak Berhak Mencoret Timnas Israel

- Advertisement -

Menanggapi hal itu, Tommy Welly selaku pengamat sepak bola mengungkapkan bahwa dalam prinsip peserta finalis, Indonesia sebagai tuan rumah tidak mempunyai hak untuk mencoret. 

Menurutnya, Indonesia sebagai tuan rumah harus siap untuk menerima tamu dari negara manapun, termasuk Israel. Penerimaan Israel untuk berlaga di Indonesia juga sudah dijamin tidak akan menimbulkan masalah.

Nah, jika ini terus menjadi perdebatan di Indonesia, tentunya akan berdampak untuk Tanah Air.

Menurutnya, dampak yang akan muncul yaitu Indonesia sangat akan sulit lagi untuk menjadi tuan rumah dalam event internasional, paling tidak dalam konteks sepak bola bahkan bisa juga ke konteks yang lebih luas lagi.

Keamanan adalah Urusan Pemerintah

Diketahui bahwa Indonesia dan Israel secara politik memang tidak ada hubungan bilateral terkait kasus penjajahan di Palestina.

Namun di bidang olahraga, Indonesia harus menjamunya karena mereka adalah salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Tanah Air.

Bahkan menanggapi penolakan itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menegaskan bahwa terkait dengan keamanan adalah urusan pemerintah.

Erick Thohir mengatakan saat ini PSSI hanya fokus mempersiapkan Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Menurutnya urusan politik adalah tugas dari pemerintah. Sehingga sudah ada perjanjian antara pemerintah pusat dengan daerah lokasi venue Piala Dunia U-20 2023 terkait pengamanan peserta.

“Kita juga fokus mempersiapkan Timnas (Indonesia), urusan politik itu domain-nya bukan di kita, itu jelas domain pemerintah,” kata Erick Thohir.

Diberitakan sebelumnya bahwa Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 terancam mendapat sanksi dari FIFA jika menolak Timnas Israel.

Adapun sanksi itu seperti Indonesia sebagai tuan rumah akan dicopot, Indonesia tidak dilirik oleh FIFA serta dibekukan dan di banned FIFA.

Leave a comment