Mengenal Loop, Aplikasi Produktivitas yang Diluncurkan oleh Microsoft untuk Bersaing dengan Notion

By Syahrul Munir
2 Min Read
Mengenal aplikasi Loop milik microsoft

Sebuah aplikasi produktivitas bernama Loop yang diluncurkan oleh Microsoft untuk bersaing ketat dengan Notion. Dengan kata lain, aplikasi ini bernama Microsoft Loop, yang mengandalkan sebuah kecerdasan buatan yang disebut AI atau Artificial Intelligence).

Aplikasi yang bernama Microsoft Loop, akan menawarkan sebuah gaya baru kepada para pengguna untuk mengakses sejumlah aplikasi yang terdapat pada Microsoft 365.

Dengan bagitu, para pengguna akan dapat mengerjakan berbagai kegiatan secara bersamaan dalam Microsoft 365 lewat Microsoft Loop yang sangat berguna ini.

- Advertisement -

Meskipun belum resmi diluncurkan, namun para pengguna sudah dapat mencoba AI ini dalam aplikasi bernama Microsoft Loop berbasis PC di laman resmi Microsoft.

“Hari ini, untuk memulai perjalanan dari aplikasi Microsoft Loop, kami memperkenalkan aplikasi Loop yang sudah tersedia untuk ditinjau oleh publik,” tulis Microsoft di blog resminya, dilansir dati Kompas, Minggu, 26 Maret 2023.

Secara kasat mata, Microsoft Loop dan Nation punya tampilan yang sama persis. Seperti tata latak dalam kedua aplikasi tersebut.

Perbedaan keduanya adalah Microsoft Loop terintegrasi dengan Microsoft Office sedangkan Nation sebuah aplikasi yang berdiri sendiri.

Meskipun berbeda, namun Microsoft Loop dapat memudahkan pengguna karena kecerdasaan buatan ini terintegrasi dengan Microsoft yang dapat digunakan oleh 50 orang, meski bukan sebuah saran terbaik.

Sayangnya, Microsoft mengatakan, Loop hanya dapat diakses oleh PC saja. Namun, berjanji untuk penggunanAndroid dan iOS dapat menggunakan aplikasi ini dalam waktu yang dekat.

Microsoft sendiri, telah luncurkan copilot untuk Microsoft World, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.

Dengan kata lain, para pengguna dapat mengerjakan berbagai kegiatan dalam beberapa aplikasi dalam satu waktu. Bahkan, dapat manfaatkan copilot dalam menjalankan sebuah tugas.

Soal kemanan, Microsoft terapkan keamanan data sehingga data pengguna dapat dijamin keamanannya oleh pihak Microsoft. Karena layanan tersebut adalah sebuah layanan yang aman untuk digunakan.

Sekedar catatan, Microsoft AI Copilot masih dalam tahap uji coba untuk digunakan oleh beberapa kalangan untuk dimintai pendapatnya, untuk meningkatkan semua fitur yang ada di aplikasi itu.

Leave a comment