4 Daftar Menu Buka Puasa, Dapat Penuhi Gizi Tubuh

By Anisa
2 Min Read
Menu Buka Puasa yang Bergizi

Buka puasa merupakan momen yang sangat dinantikan oleh umat Islam setelah hampi 14 jam berpuasa. Saat berbuka biasanya dijadikan waktu untuk bisa menyantap makanan sebanyak-banyaknya.

Tentunya hal tersebut tidak sehat bagi tubuh, harusnya saat berbuka, makanlah makanan yang sehat dengan porsi yang cukup.

Untuk memenuhi gizi tubuh dengan makanan sehat, berikut daftar menu buka puasa yang wajib kalian tahu:

- Advertisement -
  1. Lumpia Buah Basah

Lumpia buah basah menjadi salah satu menu buka puasa yang dapat memenuhi gizi tubuh. Hal itu karena lumpia buah basah ini berisi buah-buahan.

Selain bahannya yang sehat, proses pengolahannya juga cukup sehat karena tidak digoreng, melainkan bagian kulit lumpianya dipanggang agar timbul tekstur renyah dan gurih ketika digigit. 

Pembuatan lumpia buah basah ini akan lebih praktis lagi jika penggunaan kulit lumpia diganti dengan rice paper.

  1. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau juga menjadi menu buk puasa sehat bagi tubuh. Dihidangkan sebagai takjil, kacang-kacangan sudah menyehatkan karena mengandung antioksidan.

Diketahui bahwa antioksidan berfungsi sebagai antiinflamasi dan antitumor. Adapun beberapa kandungan gizi baik di dalamnya antara lain zinc, mangan, potasium, dan magnesium.

  1. Sup

Sup juga menjadi menu sehat saat buka puasa, ini sangat disarankan karena di dalamnya terdapat sayuran, ayam, daging, bakso, dan masih banyak lagi. Sayur yang biasanya ada di dalam sup antara lain sawi, wortel, dan kembang kol.

Wortel mengandung beta karoten, vitamin A dan vitamin C yang baik bagi tubuh. Kemudian daging ayam, bakso dan jamur mengandung protein yang mampu memenuhi kebutuhan energi tubuh. 

  1. Sayur dan Ikan

Sayuran banyak mengandung serat, sehingga mampu melancarkan proses pencernaan. Bahkan serat dalam sayuran dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Sayur menjadi makanan sehat untuk buka puasa karena kandungan gizinya yang baik dan mudah diserap oleh tubuh sehingga tidak memperberat kerja lambung. 

Sementara ikan menjadi salah satu makanan berbuka puasa yang sehat sebab selain rasanya yang enak, ikan juga memiliki nutrisi penting seperti protein, vitamin D, dan omega 3.

Leave a comment