Pasca Gagal Drawing Piala Dunia U-20 di Bali, Beberapa Kota Mengajukan Diri untuk Jadi Pengganti

By Anisa
3 Min Read
Kepala daerah ajukan jadi lokasi drawing Piala Dunia U20

Drawing Piala Dunia U-20 gagal dilaksanakan di Bali. Mengikuti hal itu banyak pemerintah kota yang mengajukan diri untuk menjadi pengganti.

Diketahui bahwa sebelumnya Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menolak timnas Israel hadir di Indonesia saat perhelatan Piala Dunia U-20.

Lantas kota mana saja yang ingin menggantikan Bali dan mengajukan diri menjadi tuan rumah drawing Piala Dunia U-20?

- Advertisement -
  1. Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan bahwa Solo siap menjadi tuan rumah drawing Piala Dunia U-20 2023 bila diutus oleh FIFA.

Pernyataan itu menyusul drawing Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya akan diadakan di Bali pada 31 Maret 2023 mendatang batal.

“Sangat siap, Sabtu sudah diinspeksi, sudah sangat siap untuk jadi tuan rumah final sangat siap,” kata Gibran kepada awak media saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin, 27 Maret 2023 siang.

Meski demikian, Gibran meminta agar semua pihak menunggu kabar resmi dari FIFA dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Saya gak bilang pembatalan [Piala Dunia U-20 di Indonesia] tunggu saja berita resmi FIFA dan PSSI ya. Yang saya tahu pembatalan drawing,” lanjutnya.

  1. Bandung

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung juga mengajukan diri sebagai lokasi pengganti Bali jadi lokasi pelaksanaan drawing atau pengundian grup Piala Dunia U-20.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan bahwa pihaknya telah mengusulkan Bandung jadi tuan rumah lokasi drawing seiring Stadion Si Jalak Harupat menjadi tempat pelaksanaan pertandingan Piala Dunia U-20 nanti.

“Saya menawarkan diri kepada PSSI dan FIFA untuk menjadi tempat pelaksnanaan Drawing Piala Dunia U-20 jika FIFA membatalkan tempat pelaksanaan di Bali,” kata Dadang, Senin, 27 Maret 2023.

Disisi lain, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan bahwa dirinya akan mendukung penuh keputusan dari pemerintah pusat dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

”Saya akan ikut arahan pemerintah pusat. Masalah ini bukan domain pemerintah daerah,” kata Ridwan Kamil.

  1. Palembang

Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru mengatakan bahwa Palembang juga siap menjadi tuan rumah untuk drawing Piala Dunia U-20.

Kesiapan ini, lanjut Deru muncul setelah FIFA membatalkan agenda undian di akhir Maret 2023. Keinginan tersebut sejalan dengan kesiapan Palembang sebagai calon tuan rumah FIFA World Cup U-20.

“Kalau Solo tidak jadi, kita sunggup kok,” ungkap Deru, Selasa, 28 Maret 2023.

Menurutnya dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ini bisa membantu pemulihan ekonomi.

Leave a comment