Fakta-Fakta 3 Petugas Bandara Soetta Dipecat karena Tinggalkan Kerja Demi Habib Bahar

By Anisa
3 Min Read
Viral Habib Bahar di Bandara Soekarno-Hatta

Habib Bahar bin Smith mendadak jadi perbincangan publik setelah video dirinya dikawal oleh tiga orang petugas Aviation Security (Avsec) bandara Soekarno-Hatta atau Soetta.

Dalam video itu terlihat bahwa Habib Bahar baru turun dari pesawat, kemudian ketiga petugas tersebut langsung mendampingi hingga mencium tangan Habib Bahar.

Berikut fakta menariknya lainnya hingga petugas Avsec bandara Soekarno-Hatta dipecat dari pekerjaannya:

- Advertisement -

Tinggalkan Pekerjaan

Setelah video beredar luar di media sosial, Angkasa Pura II langsung melakukan investigasi terkait video tersebut.

Angkasa Pura II (AP II) pun mengungkapkan bahwa peristiwa tersebut terjadi di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat, 3 Maret 2023.
Ada 3 oknum avsec non-organik telah melakukan pelanggaran SOP dan tindakan indisipliner saat bertugas pada saat itu.

Ketiga petugas itu pun dinilai meninggalkan tugas atau pekerjaannya demi menjemput Habib Bahar.

“Ketiga avsec melakukan pelanggaran berat, yakni meninggalkan area kerja tanpa melapor ke atasan langsung, lalu melakukan penjemputan dan pendampingan terhadap penumpang, di mana ini bukan SOP dari Avsec. Tindakan ini merupakan pelanggaran SOP berat dan sangat tidak dibenarkan karena dapat menimbulkan dampak terkait aspek keamanan yang tidak kita semua inginkan,” kata SM of Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi.

Avsec Harusnya Patuhi SOP

Bahkan pihak AP II juga menegaskan sudah seharunya petugas aviation security (Avsec) mematuhi Prosedur Operasi Standar (Standard Operating Procedure/SOP).

Prosedur itu untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan dengan menjalankan pemeriksaan terhadap barang dan orang.

Dipecat dari Pekerjaannya

Akibat dari perbuatan mereka, ketiga petugas bandara tersebut diberi hukuman berat hingga dipecat dari pekerjaannya.

“Atas pelanggaran terhadap SOP dan tindakan indisipliner ini, kemudian diambil tindakan tegas dengan memberikan sanksi terberat sesuai perjanjian kerja kepada ketiga avsec tersebut,” tambah Holik.

Tanggapan Pengacara Habib Bahar

Aziz Yanuar sebagai pengacara dari Habib Bahar menanggapi video kliennya yang tengah viral di media sosial hingga menganggap pemecatan terhadap ketiga petugas bandara terlalu berlebihan.

“Terhadap mereka yang khidmat terhadap gurunya direspons dengan dahsyat dari alasan berlebihan macam membahayakan keamanan hingga pemberhentian, itu memang avsec-nya tukang parkir pesawat kah hingga sebegitu membahayakan, jika sebentar khidmat sama gurunya?” kata Aziz.

Aziz pun menilai tidak seharusnya ketiga petugas itu dipecat. Tapi cukup diberi peringatan.

“Belum ada rencana lanjutan soal itu. Tapi kami doakan dan harapkan tidak perlu ada pemecatan, cukup diperingatkan. Itu mereka takzim sama guru. Jika anda keberatan mereka takzim sama guru lalu anda memang bisa seperti ini didikan siapa? Guru juga kan? Jangan sombong dan lebay,” katanya.

Leave a comment