4 Tips Puasa Aman Bagi Penderita Diabetes

By Anisa
2 Min Read
Takaran Gula Pasir Bagi Penderita Gula Pasir (Foto: Illustrasi/pixabay)

Umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah Puasa saat bulan Ramadan. Namun bagaimana puasa bagi orang yang menderita penyakit diabetes?

Orang yang menderita penyakit diabete bisa tetap menjalankan ibadah puasa, namun diperlukan beberapa persiapan sebelum puasa agar tidak menimbulkan komplikasi.

Perubahan pola makan selama puasa menjadi tantangan bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

- Advertisement -

Nah, untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh, para penderita diabetes harus memperhatikan beberapa tips puasa bagi penderita diabetes.

Jangan Lewatkan Makan Sahur

Salah satu tips puasa bagi penderita diabetes, jangan lewatkan makan sahur agar kebutuhan energi tubuhnya bisa terpenuhi dengan baik.

Karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi menu sahur sehat dengan gizi yang seimbang, mulaid dari karbohidrat, protein, vitamin, hingga mineral.

Konsultasi dengan Dokter dan Periksa Kada Gula Darah

Selain itu, tips puasa bagi penderita diabetes sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Hal itu untuk memastikan tubuh dalam keadaan sehat dan tidak mengalami komplikasi.

Bahkan jika diperlukan, dokter akan menyesuaikan kembali jadwal konsumsi obat dengan perubahan pola makan penderita diabetes selama menjalankan ibadah puasa.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk memeriksa kadar gula darah secara berkala selama berpuasa, kurang lebih 2 hingga 4 kali sehari yaitu setelah sahur, siang hari, dan setelah berbuka puasa.

Apabila kadar gula darah kurang dari 70 mg/dL atau melebihi 300 mg/dL, ada baiknya untuk segera membatalkan puasa guna mencegah risiko komplikasi hipoglikemia atau hiperglikemia.

Konsumsi Makanan yang Tinggi Serat

Konsumsilah makanan yang tinggi serat saat sahur dan berbuka. Karena makanan yang tinggi serat akan dicerna secara perlahan yang membuat tubuh merasa kenyang selama menjalankan ibadah puasa.

Olahraga

Penderita diabetes saat berpuasa, tetap dianjurkan untuk berolahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh.

Waktu yang cocok untuk berpuasa adalah anda dapat berolahraga sesaat sebelum berbuka puasa atau di malam hari sebelum tidur.

Agar tak membuat tubuh merasa terlalu lelah saat berpuasa, pilihlah jenis olahraga ringan, seperti jalan kaki, yoga, atau bersepeda.

Leave a comment