Dampak Gerhana Matahari Hibrida 2023, Buat Suasana Lebih Sejuk

By DP
2 Min Read
Gerhana matahari hibrida 2023, akan dirasakan pada tanggal 20 April 2023/Foto/Pixabay

Gerhana matahari hibrida 2023, akan dirasakan pada tanggal 20 April 2023 di sebagian besar wilayah di Indonesia. Saat fenomena alam itu berlangsung, suasana sekitarnya akan lebih sejuk. Berikut dampak lengkapnya.

Pada gerhana matahari hibrida 2023, akan terjadi 2 gerhana dalam waktu yang berbarengan. Yakni, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari total.

Gerhana matahari hibrida 2023 sendiri, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris, sehingga di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari dan tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi sama dengan piringan matahari.

- Advertisement -

Seperti Cincin

Saat puncak gerhana matahari, di suatau tempat yang berbeda dan tertentu akan terlihat sebagai cincin. Itulah yang disebut dengan gerhana matahari cincin.

Terjadi pada 20 April 2023

Gerhana matahari hibrida 2023, akan terjadi pada 20 April 2023 dan dapat diamati di Indonesia, berupa gerhana matahari total. Sedangkan gerhana matahari cincin tak akan terlihat.

Dampak Gerhana Matahari

Saat gerhana matahari total terjadi, akan berdampak pada sejuknya wilayah di sekitarnya.

Selain itu, langit juga akan berubah menjadi gelap seperti malam hari, adanya perubahan perilaku hewan nokturnal, hingga adanya gangguan kesehatan mata jika memaksakan melihat Gerhana matahari hibrida 2023 tanpa menggunakan alat yang memadai.

Tentu saja, jika ingin aman menikmati gerhana matahari total pada 20 April 2023, harus menggunakan alat yang memadai demi keselamatan mata.

Untuk manyaksikan fenomena gerhana Matahari hibrida, masyarakat dapat menggunakan sejumlah cara yang aman, untuk menikmati fenomena alam ini.

Cara pertama untuk melihat gerhana Matahari di Indonesia, dengan cara menggunakan alat bantu teleskop dan kacamata gerhana.

Tentu saja, cara ini adalah salah satu cara yang aman untuk menikmati gerhana Matahari 2023 yang aman.

Cara selanjutnya untuk menikmati gerhana Matahari 2023 di Indonesia adalah dengan alat sederhana.

Alat sederhana itu berupa kardus bekas yang dilubangi dan ditutup dengan almunium foil.

Leave a comment