4 Tips Mudik Lebaran Naik Motor dengan Aman dan Nyaman

By Anisa
2 Min Read
Tips Mudik Lebaran Naik Motor dengan Aman dan Nyaman (Foto: Istimewa)

Masyarakat yang akan melakukan mudik tidak hanya menggunakan kendaraan roda empat atau mobil, pesawat maupun jalur laut naik kapal. Namun ada juga yang memilih mudik dengan motor.

Pasalnya, mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia dalam menyambut hari Raya Idul Fitri, pulang kampung ke kampung halaman sudah seperti rutinitas tahunan yang dilakukan turun temurun.

Perjalanan mudik dengan motor dapat menimbulkan risiko dan tantangan tersendiri. Dibutuhkan persiapan yang matang.

- Advertisement -

Oleh karena itu, berikut tips mudik lebaran naik motor dengan aman dan nyaman.

Kondisi Kendaaran Harus Aman

Sebelum pergi mudik menggunakan sepeda motor, kalian harus memastikan kondisi kendaraan Anda. Lakukan servis dan mintalah teknisi untuk memeriksa kendaraan Anda sehingga bisa dipastikan semua bekerja dengan baik dan siap berkendara jarak jauh.

Pastikan Anda sudah mengecek kondisi motor mulai dari mesin, oli, lampu, ban, rem dan surat-surat kendaraan bermotor.

Jangan Bawa Barang Berlebihan

Hindari untuk membawa barang berlebihan saat mudik menggunakan motor. Hal itu juga karena kendaraan roda dua diperuntukkan untuk dua orang saja pada kondisi yang ideal.

Agar tidak menganggu perjalanan saat mudik, maksdimal dua ransel barang yang dibawa. Sebagai solusinya, Anda bisa mengirimkan berbagai barang bawaan terlebih dahulu.

Gunakan Pakaian Nyaman

Guanakanlah pakaian yang nyaman jika memilih mudik menggunakan kendaraan bermotor. Disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman seperti jaket motor, sarung tangan dan helm.

Cuaca yang tidak dapat dipresiksi memang sangat merepotkan, karena kalian perlu selalu membawa jas hujan demi menghindari cuaca buruk dan perjalanan jadi semakin lancar.

Istirahat dan Siapkan Bekal Perjalanan

Melakukan perjalanan mudik menggunakan motor akan terasa mudah pegal dan kram. Karena itu, usahakan istirahat setiap dua jam sekali dengan tidur, makan, dan beribadah agar tubuh kembali sehat dan bugar.

Selain itu, disarankan untuk menyiapkan bekal perjalanan agar dapat berhemat dan siap kapan saja jika muncul rasa haus dan lapar secara tiba-tiba.

Karena macet bisa membuat pemudik kesusahan dalam mencari makanan terdekat, untuk itu sebaiknya siapkan makanan dan minuman agar tidak terdehidrasi.

Leave a comment