Erick Thohir Lepas 78 Ribu Pemudik Gratis Bersama BUMN di Gelora Bung Karno

By Anisa
3 Min Read
Menteri BUMN Erick Thohir Lepas Pemudik Gratis di GBK (Foto: Tim Inversi)

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi melepas peserta Mudik Gratis Bersama BUMN 2023 menggunganan bus Damri pada Selasa, 18 April 2023. Ada sekitar 78 Ribu peserta pemudik gratis yang diberangkatkan.

Pelepasan Mudik Gratis Bersama BUMN 2023 ini dilaksanakan di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

Pemerintah Hadir untuk Masyarakat

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa pemerintah hadir lagi untuk masyarakat dengan adanya mudik gratis.

- Advertisement -

“Dengan anggaran 2 persen dana yang tidak terduga boleh mensubsidi yang namanya transportasi untuk bahan pokok. Poinnya hari ini pemerintah hadir lagi ketika masyarakat, pemerintah mendorong bagaimana dipimpin langsung oleh bapak presiden, kementerian-kementerian termasuk BUMN diminta untuk mendorong adanya mudik gratis. Artinya pemerintah hadir lagi,”jelas Erick Thohir.

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir juga menjelaskan apa fungsi BUMN dalam program mudik gratis ini, sehingga bisa memberikan kontribusi untuk negara.

“Tadi saya tekankan, fungsi BUMN disini tentu sebagai korporasi yang harus sehat, sehingga bisa memberikan kontribusi pada negara. Kalau BUMN tidak sehat ya tidak punya program-program yang pro rakyat,”lanjut Erick Thohir.

BUMN Dorong Program Pro Rakyat

Bahkan pria yang juga sebagai Ketum PSSI itu mengatakan bahwa BUMN memang benteng ekonomi, namun BUMN juga mendorong program yang pro rakyat. Salah satunya program mudik gratis.

“Memang kita benteng ekonomi, tetapi juga program yang pro rakyat kita dorong. Salah satunya di program mudik ini. Jadi ini yang saya berharap rekan media bisa memprofosionalkan bagaimana perbedaan kebijakan yang ada di Indonesia. Dan tentu kebijakan dengan pemerintah yang negara lain,”ungkap Erick Thohir.

Di waktu yang sama, Staf Khusus BUMN Arya Sinulingga mengatakan bahwa program mudik gratis ini seperti arahan dari Presiden Jokowi kepada menteri BUMN untuk membantu mudik, baik dari udara, darat maupun laut.

Ia juga berharap agar nantinya pemudik bisa pulang ke Jakarta dengan nyaman dan tentunya program mudik ini sangat bermanfaat bagi perputaran ekonomi Indonesia.

“Ya memang sudah lebih targetnya, tapi ini bagus karena artinya kalau dibagi 50 per 1 busnya. Ini ribuan bus yang dibantu oleh BUMN. Ini memang seperti pak Erick, pak Jokowi minta BUMN untuk bantu Mudik. Dan ini 78 Ribu peserta mudik, baik lewat udara, darat, laut dan sebagainya kita akan bantu mudiknya. Semoga nanti yang mudik bisa kembali lega ke Jakarta, di daerah juga lebih nyaman. Dan pasti ini berputar untuk ekonomi Indonesia,”jelas Arya Sinulingga.

Diberitakan sebelumnya saat Erick Thohir melepas peserta Mudik Bersama BUMN 2023 menggunakan kereta api. Erick Thohir menyampaikan program Mudik Bersama BUMN 2023 bertajuk “Mudik Dinanti Mudik di Hati” merupakan salah satu implementasi bakti BUMN sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“Sekaligus langkah strategis untuk memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik dengan mengalihkan pemudik pengguna kendaraan roda dua ke moda angkutan yang lebih aman dan nyaman,” kata Erick.

TAGGED:
Leave a comment