Tinjau Arus Mudik Stasiun Senen, Erick Thohir sebut Kereta Api Jadi Solusi Mengurangi Beban Jalan Tol

By Anisa
3 Min Read
Erick Thohir Tinjau Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen (Foto: Antara)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa kereta api bisa menjadi solusi dalam mengurangi beban jalan tol.

Hal itu disampaikan oleh Erick Thohir saat melakukan peninjauan pelaksanaan arus mudik di Stasiun Pasar Senen pada Selasa, 18 April 2023. Terlihat bahwa Erick Thohir didampingi oleh direksi KAI termasuk Dirut Didek Hartantyo.

Dilihat dari video yang dibagikan oleh Erick Thohir di akun Instagramnya. Saat meninjau pelaksanaan mudik, ia juga berbincang dengan sejumlah calon penumpang yang akan pulang ke kampung halamannya.

- Advertisement -

Peran Transportasi Kereta Api Sangat Penting

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir mengungkapkan bahwa peran moda transportasi kereta api sangat penting untuk mengurangi kepadatan di jalan tol yang dipenuhi oleh bus dan mobil pribadi.

“Saya mengecek bagaimana kita mengantisipasi pemudik. Karena prediksinya tahun ini ada kenaikan jumlah pemudik hingga 40 juta orang. Kereta api harus jadi solusi untuk mengurangi beban jalan tol yang diisi mobil pribadi dan bus. Itu sudah sangat padat,” kata Erick Thohir.

KAI Sudah Maksimalkan Kereta Jarak Jauh 53 Tujuan Per Hari

Pria yang juga sebagai Ketum PSSI ini menjelaskan bahwa pihak KAI sudah memaksimalkan perjalanan kereta jarak jauh hingga 53 tujuan per hari.

Karena itu, kementerian Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) dan Kereta Api Indonesia (KAI) pun berupaya untuk membuat masyarakat tertarik menggunakan kereta api.

Dengan cara membuat promo “Tepat dan Cepat, para penumpang juga diberikan takjil untuk buka puasa, minuman, hingga memberi tiket promo.

“Kalau enggak diintervensi, dengan kenaikan pemudik hingga 40 juta orang tahun ini, itu akan terjadi stagnansi di jalan,” jelas Erick Thohir.

Sekedar informasi, sebelum melakukan peninjauan arus mudik di stasiun pasar Senen, Erick Thohir melepas ribuan pemudik gratis bersama BUMN dengan menggunakan bus Damri di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Pelepasan para pemudik juga dihadiri Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga.

Aksi Erick Thohir tentunya dianggap sangat peduli dengan rakyat. Bagaimana tidak, mantan bos Inter Milan ini tanpa lelah sudah melepas 78.017 pemudik di Jakarta. Padahal Erick Thohir baru tiba dari Jerman mendampingi Presiden Jokowi.

Leave a comment