Tokoh Politik hingga Partai Dukung Ganjar Erick Pimpin Indonesia Gantikan Jokowi Amin

By Anisa
5 Min Read
Tokoh Politik hingga Partai Dukung Ganjar Erick Pimpin Indonesia Gantikan Jokowi Amin (Foto: Antara)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat ini ramai jadi perbincangan karena beberapa tokoh menilai dirinya cocok jadi cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Pasalnya Ketua Umum PSSI ini memang banyak melakukan terobosan-terobosan di bidang ekonomi selama menjadi menteri BUMN.

Selain itu di dunia olahraga, Erick Thohir juga berprestasi, ia berhasil mensukseskan Asian Games 2018. Bahkan perjuangannya untuk sepak bola Indonesia juga sudah terlihat, dimana ia berhasil melobi FIFA sehingga Indonesia tidak mendapat sanksi yang berat setelah batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

- Advertisement -

Maka wajar saja jika banyak tokoh yang mendukung dirinya menjadi pasangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Lantas siapa tokoh tersebut? Berikut Inversi.Id rangkumkan untuk Anda.

Gus Yaqut

Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut menilai Erick Thohir bisa mengemban beberapa tugas besar negara dengan baik dan berkolaborasi dengan banyak pihak serta memiliki visi yang luas.

“Seperti Pak Erick yang juga kader Banser (Barisan Ansor Serbaguna), rekam jejaknya selama ini sudah terbukti dan tak perlu diragukan lagi. Potensi dan keunggulan inilah yang sangat dibutuhkan bangsa Indonesia di tengah tantangan saat ini,”kata Gus Yqut dalam keterangannya pada Senin, 24 April 2023.

Ia menilai jika Ganjar Pranowo dan Erick Thohir dipasangkan akan menjai pasangan yang ideal mempunyai chemistry dan saling melengkapi.

“Saya yakin, kalau beliau maju bersama Pak Ganjar, bisa jadi pasangan yang ideal, karena ada chemistry. Bisa saling melengkapi,”lanjut Gus Yaqut.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari

Pengamat sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai bahwa cawapres yang dibutuhkan oleh Ganjar adalah sosok yang memiliki kedekatan, kinerja yang baik dan memiliki suara Nadhlatul Ulama dan elektabilitas yang menambah suara Ganjar Pranowo.

Karena itu, M Qodaro menilai bahwa elemen tersebut ada di Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

“Jadi memang kalau dibandingkan dengan calon yang lain, saya melihat sih Pak Erick itu menonjol, boleh dibilang Pak Erick calon wakil presiden yang paling lengkap dibandingkan calon-calon lainnya,” ujar Qodari,”kata Qodari kepada awak media pada 23 April 2023.

Qodari menilai bahwa Erick Thohir memiliki paket lengkap seperti kedekatan, kinerja, afiliasi organisasi dan segi elektoral. Kemudian dari sisi kedekatan, ia menilai Ketum PSSI itu dekat dengan Ganjar Pranowo dan Presiden Joko Widodo.

Tengku Zanzabella

Ketua Umum Garda Militan Nusantara ( GMN ) yang juga seorang influencer Pancasila, Tengku Zanzabella memberikan dukuangannya kepada Erick Thohir sebagai calon wakil Presiden (Cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo.

Menurut Tengku Zanzabella bahwa Erick Thohir memiliki beragam pengalaman dan portofolio seperti Ketua Tim Pemenangan Jokowi, Menteri BUMN, pebisnis kelas dunia yang ilmu manajemennya tidak perlu diragukan lagi serta mempunyai kedekatan emosional dengan Presiden Jokowi.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa Erick Thohir mampu memahami anak muda dan menyentuh hati, berani mengambil resiko dan suka dengan tantangan seperti Presiden Joko Widodo.

Ujang Komarudin

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai bahwa duet antara Ganjar Pranowo dan Erick Thohir berpeluang besar karena sudah mendapat dukungan dari partai politik lain seperti Partai Amanat Nasional (PAN).

“Ganjar didukung PDIP, ya bisa jadi ET (Erick Thohir) menjadi pertimbangan jadi cawapres Ganjar. Tapi tergantung PDIP, mau enggak? Kalau PDIP dan Jokowi mau, mungkin Ganjar-Erick (terealisasi),”kata Ujang Komarudin.

Foreder

Ketua Umum Forum Relawan Demokrasi (Foreder) Aidil Fitri menilai bahwa duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir berpotensi untuk memenangi Pilpres 2024.

Ia menilai bahwa belakangan ini elektabilitas Ganjar Pranowo dan Erick Thohir semakin meningkat. Dimana Ganjar selalu di posisi teratas dan Erick Thohir masuk dalam tiga besar dengan elektabilitas tertinggi sebagai cawapres.

Selain itu, menurut keduanya mempunyai kepemimpinan yang bagus. Seperti Ganjar memimpin Jateng, pembangunan berjalan lancar, adanya kemajuan ekonomi, pendidikan, kebudayaan, pengurangan angka kemiskinan. Sedangkan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN melakukan berbagai gebrakan di BUMN sehingga BUMN semakin sehat, mandiri, profesional, transparan dan menguntungkan.

Leave a comment