Ajang SEA Games 2023 Jadi Tolak Ukur Olimpiade 2024, Menpora Dito: Berjuanglah

By DP
2 Min Read
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan bahwa hasil SEA Games 2023 di Kamboja menjadi tolak ukur Olimpiade 2024 yang berlangsung di Paris, Prancis, bagi kontingen Indonesia. Untuk itu, Menpora berpesan untuk berjuang. (Foto: Antara)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan bahwa hasil SEA Games 2023 di Kamboja menjadi tolak ukur Olimpiade 2024 yang berlangsung di Paris, Prancis, bagi kontingen Indonesia. Untuk itu, Menpora berpesan untuk berjuang.

Sebab, Olimpiade 2024 di Paris, Prancis, kata Menpora Dito, merupakan sebuah ajang yang lebih besar ketimbang SEA Games 2023 di Kamboja.

Pengukuhan Kontingen Indonesia

Menpora Dito Ariotedjo, sapaan akrabnya saat berpidato dalam acara pengukuhan kontingen tim Indonesia untuk SEA Games 2023 di Lapangan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Selasa, 2 Mei 2023, mengatakan, SEA Games 2023 di Kamboja juga merupakan tolak ukur perjuangan kontingen Indonesia di level selanjutnya.

- Advertisement -

“Hasil SEA Games dapat menjadi tolak ukur untuk perjuangan menuju Olimpiade mendatang,” kata Menpora Dito Ariotedjo, dilansir dari Antara, Selasa, 2 Mei 2023.

Target Selanjutnya

Selain ajang SEA Games 2023 di Kamboja, kontingen Indonsia juga akan fokus pada ajang Asian Games 2022 di Hangzhou, China yang diselenggarakan mulai 23 September.

“Multi-event SEA Games dan Asian Games dapat jadikan target antara menuju Olimpiade mendatang. Jadi sesuai semangat dari Ketua NOC, jadi target kita Olimpiade,” jelasnya.

“Maka berjuanglah, bertandinglah semaksimal mungkin dengan menjunjung tinggi sportivitas,” ucap Dito.

Berdasarkan laporan, Indonesia mengirimkan total 599 atlet yang didampingi pelatih dan ofisial tim sebanyak 230 orang.

Di ajang SEA Games ke-32 ini, tim Merah Putih mengikuti 31 cabang olahraga dari total 36 cabang olahraga yang diperlombakan.

Harapan Jokowi

Presiden Jokowi menargetkan kontingen Indonesia juara dengan lebih 69 medali emas di SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

Jika tidak dapat juara, Jokowi meminta kontingen Indonesia tidak boleh juara ke-3 dalam ajang tersebut.

“Saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas 3. Pilihannya cuma dua, peringkat satu atau peringkat dua,” kata Presiden Jokowi.

“Saya lihat atlet di sini telah memiliki bekal yang sangat cukup untuk nanti berlaga di Kamboja, dan dengan mengucap bismillah pada pagi hari ini kontingen SEA Games ke-32 di Kamboja tahun 2023 saya nyatakan diberangkatkan,” ujarnya.

Leave a comment