Jarang Diperhatikan, Ini Alasan Kenapa Terlalu Lama Tidur Siang Memiliki Dampak Buruk

By Kristabela
2 Min Read
Kenapa Terlalu Lama Tidur Siang Memiliki Dampak Buruk (sumber: Pixabay)

Tidur siang memang menjadi salah satu kegiatan yang dapat mengisi ulang energi kita di tengah hari. Namun tahu kah kamu kalau tidur siang yang terlalu lama ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Tidur siang yang baik seharusnya tidak lebih lama dari setengah jam. Kalarena kalau lebih dari itu manfaatnya akan berbaik. Salah satu dampaknya adalah sakit kepala yang dirasakan sepanjang hari.

Sama seperti kekurangan tidur yang memiliki dampak buruk seperti lesu, mudah marah hingga kelelahan, tidur siang yang tidak memiliki batas waktu juga memiliki dampak yang sama.

- Advertisement -

Dilansir dari Hindustan Times, para peneliti percaya bahwa tidur siang lebih lama dari 30 menit mungkin akan berdampak pada BMI yan lebih tinggi, tekanan darah tinggi, dan penyakit yang terkait dengan penyakit jantung dan diabetes

Apa saja dampak buruk jika tidur siang yang terlalu lama? Simak ulasannya berikut ini.

Resiko Penyakit Jantung

Tidur siang yang memiliki durasi lebih dari satu jam banyak dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan kematian yang lebih tinggi, menurut sebuah studi yang dipresentasikan di European Society of Cardiology Congress.

Tidur siang berdurasi lama memiliki risiko 30% lebih tinggi dari semua penyebab kematian dan 34% peningkatan kemungkinan penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan tidak tidur siang.

Namun, para peneliti juga menemukan bahwa tidur siang yang lama hanya meningkatkan risiko kematian jika orang tersebut tidur lebih dari enam jam per malam.

Kita Tetap Membutuhkan Tidur Siang

Meski tidur siang dengan durasi yang lama memiliki dampak buruk, namun kita tetap membuthkan tidur siang setidaknya beberapa kali dama seminggu.

Peneliti di jurnal Heart menemukan bahwa orang yang tidur siang sekali atau dua kali seminggu hampir mengurangi setengah risiko serangan jantung atau stroke, dibandingkan dengan orang yang tidak tidur siang sama sekali.

Diketahui bahwa durasi tidur siang yang baik adalah sekitar 30 menit hingga 45 menit saja. Durasi ini memiliki manfaat yang baik seperti meningkatkan kesehatan jantung pada orang yang kurang tidur di malam hari.

Leave a comment