Mulai dari Sekarang, 5 Cara Mengubah Gaya Hidup Untuk Meningkatkan Mood dan Kesehatan Mental

By Kristabela
4 Min Read

Saat ini, banyak orang terutama anak-anak muda yang mengaku mengalami kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan. Keadaan tersebut bisa berdampak dengan produktivitas dan juga suasana hati.

Selain melakukan pertolongan seperti pengobatan atau terapi psikologis, faktor gaya hidup juga bisa membantu kamu untuk memperbaiki kesehatan mental.

Bahkan untuk orang-orang yang tidak memiliki kesehatan mental, ada beberapa gaya hidup yang harus dibuah dan dimuali sedini mungkin untuk meningkaykan kualitas hidup.

- Advertisement -

Apa saja itu? Berikut adalah 5 cara mengubah gaya hidup untuk meningkatkan mood dan juga kesehatan mental.

Perbaiki Pola Makan dan Mulai Berolahraga

Tubuh yang sehat adalah yang utama dalam menjaga mood dan kesehatan mental. Makanlah sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian, daging tanpa lemak, hingga multivitamin.

Nutrisi sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi otak. Salah satunya adalah buah beri, cokelat hitam hingga anggur.

Selain makan yang sehat, biasakan juga tubuh kamu untuk tetap bergerak. Jika aktivitas kamu sehari-hari memaksa kamu untuk duduk diam, luangkanlah waktu untuk berolahraga.

Selain sehat untuk tubuh, kegiatan yang melibatkan interaksi sosial dan alam bebas berpotensi meningkatkan kesejahteraan mental lebih jauh lagi.

Kurangi ‘Konsumsi’ Hal Buruk

Kita sangat mengetahui apa yang tubuh kita butuhkan. Jangan malas dan menutup mata.

Jauhi zat-zat berbahaya untuk masuk ke tubuh kita seperti alkohol dan juga obat-obatan. Karena hal tersebut memiliki kemungkinan lebih besar untuk seseorang memiliki penyakit mental.

Berhenti merokok juga merupakan langkah penting, karena orang-orang yang kecanduan nikotin terus-menerus berada di bawah kekuasaan siklus ketagihan yang bisa mempengaruhi suasana hati.

Utamakan Istirahat

Banyak bekerja hingga kelelahan adalah hal yang buruk. pasalnya, kamu akan kurang tidur dan bangun dengan lesu hingga tidak bisa mengendalikan emosi.

Ini juga termasuk dalam mengurangi penggunaan kafein sehari-hari. Kamu juga harus mengurangi paparan cahaya laptop atau smartphone di malam hari ketika sudah hendak tidur.

Penting juga untuk tidak memaksakan tidur. Jika Anda tidak bisa tidur dalam waktu sekitar 20 menit, sebaiknya bangun dan fokuskan pikiran pada suatu aktivitas hingga kamu merasa lelah.

Jangan Mengurung Diri Dirumah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, paparan alam bebas bisa menaikan mood kita.

Jika terkena sinar matahari, kita akan tampak lebih bahagia. Paparan sinar matahari yang cukup membantu tingkat serotonin kimia yang menjaga suasana hati.

Sinar matahari juga meningkatkan kadar vitamin D, yang juga berpengaruh pada kesehatan mental, dan membantu pada waktu yang tepat untuk mengatur siklus tidur-bangun kita.

Manfaat paparan sinar matahari perlu diimbangi dengan risiko kanker kulit, jadi pertimbangkan rekomendasi paparan sinar matahari berdasarkan waktu dan jangan lupa gunakan tabir surya.

Bersosialisasi

Bersosialisasi dengan orang-orang yang positif juga bisa menaikan mood dan kesehatan mental seseorang.

Kamu juga bisa meminta bantuan ahli juga dirasa membutuhkan pengobatan atau terapi psikologis.

Selain bersosialisasi, luangkan waktu sejenak untuk merefleksikan perasaan kamu secara mental setelah makan makanan utuh yang bergizi, tidur malam yang nyenyak, atau berjalan-jalan di alam bersama teman. `

Nah, itu dia 5 cara mengubah gaya hidup untuk meningkatkan mood dan juga kesehatan mental yang bisa kamu mulai dari sekarang.

Leave a comment