Pandemi Berakhir, WHO Cabut Status Darurat Global Covid-19

By Anisa
3 Min Read
WHO Cabut Status Darurat Global Covid-19 (Foto: Pixabay)

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa Covid-19 sudah tidak ‘darurat kesehatan global’. Artinya pandemi Covid-19 sudah resmi berakhir per Jumat, 5 Mei 2023.

Hal ini diputuskan setelah pertemuan Komite Darurat WHO. Komite tersebut memberikan rekomendasi agar WHO dapat mendeklarasikan akhir dari darurat kesehatan publik global Covid-19.

Keputusan itu juga disebabkan oleh para pejabat WHO mengatakan bahwa tingkat kematian virus telah turun dari puncaknya lebih dari 100.000 orang per minggu pada Januari 2021 menjadi lebih dari 3.500 pada 24 April 2023.

- Advertisement -

“Kemarin, Komite Darurat bertemu untuk ke-15 kalinya dan merekomendasikan kepada saya agar saya menyatakan berakhirnya darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Saya menerima saran itu. Oleh karena itu dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,”kata Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip Reuters.

Meski demikian, lanjut Ghebreyesus berakhirnya kondisi darurat ini tidak berarti covid-19 bukan lagi ancaman kesehatan global.

Pasalnya status darurat global bertujuan untuk memfokuskan pemerintah di seluruh dunia dalam penanganan pandemi, serta mendorong kolaborasi dalam pengembangan vaksin dan perawatan Covid-19.

Keberhasilan Negara di Dunia

WHO mengungkapkan bahwa dengan berakhirnya kondisi pandemi Covid-19 ini menunjukkan keberhasilan negara-negara di seluruh dunia, namun tetap menegaskan bahwa Covid akan terus ada di muka bumi.

“Covid telah mengubah dunia, mengubah kita. Seperti apa yang seharusnya terjadi. Jika kita kembali seperti dulu sebelum Covid, kita gagal untuk belajar dan bersalah ke generasi masa depan,” kata Ghebreyesus.

Sejarah Pandemi Covid-19

Dr Mike Ryan yang merupakan dari program kedaruratan kesehatan WHO mengatakan bahwa keadaan darurat mungkin telah berakhir namun ancaman masih ada.

“Kami sangat berharap virus ini akan terus menular dan ini adalah sejarah pandemi,”kata Mike Ryan.

Ia juga mengungkapkan membutuhkan waktu puluhan tahun untuk pergolakan terakhir dari virus pandemi tahun 1918. Menurut banyak kasus, pandemi akan benar-benar berakhir ketika pandemi berikutnya dimulai.

“Butuh waktu puluhan tahun untuk pergolakan terakhir dari virus pandemi tahun 1918 untuk menghilang. Dalam kebanyakan kasus, pandemi benar-benar berakhir ketika pandemi berikutnya dimulai,” tambahnya.

Covid-19 Jadi PHEIC Tahun 2020

Sekedar informasi bahwa Organisasi Kesehatan Dunia pertama kali menyatakan bahwa Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat menjadi Perhatian Internasional (PHEIC) pada Januari 2020.

Dimana status tersebut perlu adanya tindakan global yang terkoordinasi untuk melindungi orang dari virus baru.

Leave a comment