4 Daftar Manfaat Buah Manggis, Bisa Kontrol Gula Darah hingga Turunkan Berat Badan

By Anisa
3 Min Read
Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan (Foto: Pixabay)

Manggis merupakan salah satu tanaman tropis asli Indonesia dan biasanya mulai berbuah setelah 8-10 tahun.

Buah manggis memang populer dengan keessotisannya dengan bentuk dan keunikan rasa buahnya. Jika dilihat kandungan gizinya, manggis tidak kalah bersaing denagn buah populer seperti jeruk dan apel.

Bahkan vitamin dan mineral dalam manggis penting untuk mempertahankan banyak fungsi tubuh, termasuk produksi DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, imunitas dan pensinyalan saraf.

- Advertisement -

Lantas apa saja manfaat buah manggis untuk kesehatan? Berikut daftar manfaat buah manggis.

Kontrol Gula Darah

Manggis bermanfaat untuk mengontrol gula darah, senyawa xanthone dalam manggis dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat.

Manfaat buah manggis lainnya adalah sumber serat yang baik. Serat dibutuhkan untuk membantu menstabilkan gula darah dan mengendalikan diabetes.

Kombinasi kandungan xanthone dan serat pada manggis dapat membantu menyeimbangkan gula darah.

Penurunan Risiko Kanker

Buah manggis memiliki efek antikanker, buah ini dikaitkan dengan penurunan risiko kanker. Senyawa tumbuhan tertentu yang terdapat pada manggis, termasuk xanthone memiliki efek antioksidan dan antiradang yang dapat membantu melawan perekembangan dan penyebaran sel kanker.

Berdasarkan penelitian tabung reaksi mengungkapkan bahwa manfaat manggis, terutama xanthone dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di jaringan payudara, perut, dan paru-paru.

Bahkan studi juga mengungkapkan jika senyawa ini dapat memperlambat perkembangan kanker usus besar.

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manggis juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serat dan vitamin C yang ditemukan pada manggis sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Kandungan serat yang terdapat dalam tubuh dapat membantu kerja bakteri yang baik dalam usus. Kemudian vitamin C yang juga dibutuhkan tubuh untuk fungsi berbagai sel kekebalan dan memiliki sifat antioksidan.

Selanjutnya, buah manggis dapat membantu program menurunkan berat badan. Hal itu karena manggis memiliki kalori yang kecil yaitu dalam 1 buah manggis seberat 100 gram hanya mengandung 63 kalori saja.

Buah manggis juga tidak mengandung lemak jenuh, juga bebas kolesterol. Kemudian ditambah lagi bahwa, buah ini memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk pencernaan.

Menurut penelitian tentang khasiat buah manggis menyatakan bahwa sifat anti-inflamasi pada buah ini berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

Leave a comment