6 Tips Atasi Flu Secara Alami, Konsumsi Makanan Sehat hingga Olahraga

By Anisa
2 Min Read
Tips Atasi Flu Secara Alami (Foto: Pixabay)

Influenza atau flu merupakan salah satu penyakit yang hampir semua orang pernah merasakannya. Namun bisa diatasi secara mandiri di rumah apabila gejalanya tidak terlalu parah.

Gejala umum flu seperti badan pegal-pegal, demam, sakit kepala, batuk, pilek, sakit tenggorokan, badan mengigil dan kelelahan.

Salah satu cara mengatasi flu yang mudah untuk dilakukan adalah mencukupi waktu istirahat dan tidur. Anda disarankan untuk tidur minimal 7 sampai 9 jam dan hindari aktivitas berat saat sedang mengalami flu.

- Advertisement -

Berikut beberpa tips lainnya untuk mengatasi flu secara alami yang dapat dilakukan:

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Cara lainnya untuk mengatasi flu adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Tubuh yang sedang sakit tentunya membutuhkan nutrisi yang lebih untuk melawan infeksi.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sesuai dengan pesan gizi seimbang yaitu mengandung karbohidrat, protein, vitamin, serat serta mineral yang cukup.

Kumur Air Garam

Mengatasi flu yang efektif juga bisa dilakukan dengan berkumur menggunakan air garam. Kumur air garam dapat membantu mengurangi rasa gatal di tenggorokan saat sedang flu.

Selain itu, kumur dengan air garam juga dapat membersihkan lendir serta mengurangi peradangan yang terjadi pada tenggorokan.

Banyak Minum Air Putih

Perbanyaklah minum air putih saat flu untuk menghindari dehidrasi. Minum air putih juga bisa menjaga kelembapan tenggorokan sehingga rasa nyeri dari radang tenggorokan dapat terminimalisir.

Konsumi Minuman Hangat

Tak hanya air putih, mengonsumsi minuman hangat juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi flu. Hal itu karena mengonsumsi minuman hangat seperti sari jahe dapat membantu melemaskan otot pada saluran pernapasan yang menegang ketika sedang flu.

Mandi Air Panas

Bila mengalami flu, salah satu cara yang bisa memanjakan diri dengan mandi air hangat beberapa kali sehari sambil menghirup uapnya.

Cara lainnya bisa dengan menggunakan alat penguap uap (vaporizer) atau pelembab udara (humidifier).

Olahraga Ringan

Selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga yang ringan seperti jalan pagi, yoga, dan sejenisnya. Karena, olahraga ringan ini dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Leave a comment