4 Daftar Manfaat Santan untuk Kesehatan, Cegah Kanker dan Jaga Berat Badan

By Anisa
2 Min Read
Manfaat Santan untuk Kesehatan (Foto: Pixabay)

Santan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun santan juga sering dikaitkan dengan makanan yang mengandung lemak dan kolestrol yang tinggi.

Diketahui bahwa santan dibuat dari daging buah kelapa yang diparut dan dihancurkan bersama dengan air. Hasilnya berupa cairan ekstrak kelapa yang kenal.

Rasanya yang gurih dan sedikit manis, santan juga bisa dipakai untuk memasak berbagai jenis hidangan atau diolah sebagai minuman.

- Advertisement -

Meski mengandung lemak yang cukup tinggi, jenis lemak yang terkandung pada santan adalah lemak nabati yang sehat. Artinya, santan tidak mengandung jahat (LDL).

Oleh karena itu, berikut manfaat dari santan kelapa yang baik untuk tubuh.

Cegah Kanker

Mengonsumsi santan bisa membantu mencegah kanker, ini karena berkat kandungan asam laurat yang ada di dalam kelapa parut.

Menurut studi dari Cell Death Discovery, kandungan asam laurat pada minyak kelapa terhadap pertumbuhan sel kanker payudara.

Dari hasil itu, menunjukkan bahwa asam laurat bisa membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada pengidap kanker payudara.

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Santan juga memberikan manfaat berupa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya kandungan antioksidan.

Menurut sebuah penelitian dari Journal of Chemical and Pharmaceutical Research, kandungan antioksidan pada santan lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi dan susu kambing.

Selain itu, santan mengandung zat-zat antimikroba dan asam kaprat yang memiliki fungsi antibakteri, antifungi, dan antivirus.

Nah, fungsi ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai infeksi bakteri dan infeksi virus berbahaya.

Tingkatkan Fungsi Otak

Santan juga baik untuk memelihara kesehatan otak dan menjaga otak tetap berfungsi dengan baik. Kemudian kandungan lemak sehat MCT, antioksidan, dan protein pada santan berperan sebagai sumber energi untuk otak.

Jaga Berat Badan

Lemak sehat yang disebut medium-chain triglycerides (MCTs). Beberapa penelitian menyatakan bahwa jenis lemak tersebut dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

Dengan demikian, santan dapat menjaga berat tubuh agar tetap ideal. Namun, penting untuk diingat, tetaplah konsumsi santan dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Hal ini karena berat badan Anda tetap bisa naik apabila mengonsumsi makanan bersantan dalam jumlah banyak.

Leave a comment