KTT G7 Hirosima, Jokowi dan PM Trudeau Bahas soal Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Kanada

By Anisa
3 Min Read
Jokowi dan PM Trudeau Bahas soal Kerja Sama Ekonomi (Foto: Instagram/@jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dukungan kepada Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau terkait dengan perjanjian kerja sama ekononi antar kedua negara tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Negara dalam pertemuan bilateral dengan PM Trudeau, Sabtu,20 mei 2023 di Hotel Rihga Royal, Hiroshima, Jepang.

Jokowi Minta Dukungan ke PM Kanada

Jokowi meminta dukungan ke PM Kanada terkait penyelesaian perjanjian Indonesia dan Kanada. Realisasi Kanada yang fokus di pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), pembangunan mekanisme pendanaan untuk ‘feasibility study’ bagi proyek ‘greenfield’ di Indonesia

- Advertisement -

“Mohon dukungan Yang Mulia terkait penyelesaian perjanjian Indonesia-Kanada CEPA (‘Comprehensive Economic Partnership Agreement’), realisasi investasi ‘Pension Funds’ Kanada yang fokus di pembangunan Ibu Kota Nusantara, pembangunan mekanisme pendanaan untuk ‘feasibility study’ bagi proyek ‘greenfield’ di Indonesia,” kata Presiden Joko Widodo.

Apresiasi Dukungan Negara-negara G7

Dikutip dari Antara, Presiden Joko Widodo pun berharap agar terjadinya percepatan realisasi pengembangan bandara hijau di Kalimantan Utara, eksplorasi, pengayaan logam tanah jarang, dan pembentukan satuan tugas bilateral.

Presiden mengapresiasi dukungan negara-negara G7, termasuk Kanada dalam membantu transisi energi Indonesia.

“Saya harap dukungan dana 20 miliar dolar AS dapat segera direalisasikan tapi tidak dalam bentuk utang,” ujar Presiden Jokowi.

Kemudian terkait dengan ketahanan pangan, Presiden mendorong implementasi kesepakatan antara BUMN Indonesia dan “Canadian Commercial Corporation” terkait pasokan potas dan gandum.

Jokowi dan PM Trudeau Bahas soal ASEAN

Bahkan dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi dan PM Trudeau turut membahas mengenai ASEAN, termasuk situasi di Myanmar.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa KTT ASEAN-Kanada akan digelar pada September 2023 di Indonesia.

“Sampai jumpa di Jakarta, PM Trudeau,” tutur Presiden.

Dalam pertemuan ini, beberapa menteri mendampingi Presiden. Diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto.

Diketahui bahwa Presiden RI Jokowi datang ke Hiroshima Jepang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Hiroshima, Jepang, yang berlangsung pada Sabtu, 20 Mei 2023.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan konsisten membawa suara kepentingan Global South (negara-negara berkembang), kolaborasi, dan kemitraan dalam kehadiran di KTT G7.

Leave a comment