4 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Batu Ginjal

By Anisa
2 Min Read
Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan (Foto: Pixabay)

Daun salam tentunya sudah tidak asing lagi untuk didengar karena sering dijumpai pada masakan Indonesia. Selain memberi rasa yang enak pada masakan, daun salam ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Pasalnya Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara. Tanaman ini memiliki nama latin Syzygium polyanthum.

Kemudian manfaat itu dilihat dari kandungan vitamin dan senyawa baik seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, dan Flavonoid serta senyawa-senyawa yang terdapat dalam daun salam.

- Advertisement -

Lantas apa saja manfaat yang daun salam untuk kesehatan? Berikut rangkumannya.

Turunkan Kadar Asam Urat

Salah satu manfaat yang terdapat di dalam daun salam adalah bisa membantu menurunkan kadar asam urat. Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, daun salam mengandung senyawa aktif kuersetin, miristin, dan mirisetin yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat.

Nah, untuk mengatasi asam urat, Anda cukup merebus daun salam dengan 10 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

Cegah Batu Ginjal

Menurut studi, ekstra batu ginjal bermanfaat untuk mencegah batu ginjal. Daun salam dapat mengurangi jumlah urease di dalam tubuh. Urease sendiri adalah enzim yang memicu terbentuknya batu ginjal jika jumlahnya berlebih.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Rebusan daun salah bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal itu karena air rebusan daun salam juga dipercaya mengandung berbagai vitamin B6, B12, C, dan D yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C yang terkandung dalam air rebusan daun salam mampu untuk melawan radikal bebas. Karena itu, sistem kekebalan tubuh pun akan baik dan membuat orang tidak mudah terserang penyakit.

Turunkan Gula Darah

Menurut sebuah penelitian bahwa manfaat daun salam bisa dikaitkan dengan peningkatan fungsi reseptor insulin dan mengatur kadar gula darah.

Nah, bagi Anda penderita diabetes atau beresiko terkena diabetes, manfaat daun salam secara teratur dapat secara signifikan menurunkan kadar diabetes.

Caranya bisa dilakukan dengan mengeringkan daun salam dan menjadikannya bubuk, kemudian mengonsumsinya secara rutin dengan menambahkan satu sendok teh menjadi dua ke dalam 200 mililiter (ml) air.

Leave a comment