5 Tips Atasi Ngiler saat Tidur, Hindari Merokok dan Alkohol

By Anisa
2 Min Read
Tips Atasi Ngiler saat Tidur (Foto: Pixabay)

Kondisi ngiler atau secara medis dikenal sebagai hipersalivasi dapat terjadi saat tidur. Ini terjadi karena kondisi seseorang menghasilkan terlalu banyak air liur saat tidur.

Tentunya kondisi ini dapat menyebabkan bahwa perasaan kelembaban di mulut dan sering kali mengakibatkan air liur yang berlebihan tumpah keluar dari mulut.

Adapun beberapa penyebab ilmiah ngiler saat tidur dapat bervariasi seperti posisi tidur tertentu dapat mempengaruhi produksi air liur.

- Advertisement -

Kemudian asam lambung naik ke kerongkongan dan mempengaruhi tenggorokan juga bisa merespon tubuh dengan menghasilkan banyak air liur untuk melindungi jaringan yang terkena.

Lantas bagaimana tips mengatasi ngiler saat tidur? Berikut rangkuman dan penjelasannya.

Hindari Merokok dan Alkohol

Alkohol dan merokok diketahui dapat meningkatkan produksi air liur. Karena itu, menghindari konsumsi alkohol dan merokok dapat membantu untuk mengurangi ngiler saat tidur.

Jika kondisi ngiler berkelanjutan dan mengganggu tidur atau kualitas hidup Anda, segera konsultasi dnegan dokter atau dokter gigi.

Perhatikan Posisi Tidur

Dengan memperhatikan posisi tidur juga bisa mengatasi ngiler saat tidur. Posisi tidur tengkurap atau miring membuat air liur mudah keluar dari mulut lantaran tertarik gaya gravitasi, dilansir dari Insider.

Oleh karena itu, cobalah untuk tidur dengan posisi telentang sehingga lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan.

Selain itu, cobalah untuk membiasakan diri menutup mulut ketika tidur.

Hindari Stres

Untuk mengurangi stres dan kecemasan, praktikkanlah teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam atau yoga. Hal itu karena stres dapat mempengaruhi produksi air liur.

Jadi mengelola stres dengan baik dapat membantu mengurangi ngiler.

Periksa Kesehatan Gigi

Periksakan gigi secara berkala ke dokter gigi untuk memastikan tidak ada masalah gigi atau mulu yang mempengaruhi produksi air liur.

Selain itu, Anda juga harus memastikan untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan menyikat gigi secara teratur dan membersihkan lidah.

Jangan Makan dan Minum sebelum Tidur

Hindarilah mengonsumsi makanan atau minuman seperti makanan pedas, asam, atau berlemak beberapa jam sebelum tidur karena dapat merangsang produksi air liur.

Leave a comment