4 Daftar Manfaat Lemon untuk Kesehatan, Cegah Batu Ginjal!

By Anisa
3 Min Read
Manfaat Lemon untuk Kesehatan (Foto: Pixabay)

Buah lemon merupakan salah satu buah segar ketika dikonsumsi. Selain memiliki banyak manfaat, lemon juga sering dijadikan sebagai penambah rasa pada makanan maupun minuman.

Lemon berbentuk bulat dan agak memanjang. Kulitnya tebal dengan warna kuning cerah ketika sudah matang. Daging buahnya berwarna kuning pucat, berair, dan asam dengan aroma khas yang segar.

Dikenal sebagai sumber vitamin C terbaik, lemon juga mengandung senyawa aktif yang dikenal baik untuk kesehatan, seperti polifenol, flavonoid, terpenoid dan karotenoid.

- Advertisement -

Kaya dengan vitamin C dan asam sitrat, lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut daftar manfaat lemon untuk kesehatan tubuh.

Mengatasi Penyakit Jantung

Salah satu manfaat lemon untuk kesehatan adalah dapat mengatasi penyakit jantung. Hal itu dilihat dalam satu buah lemon mengandung sekitar 31 mg vitamin C, yang memenuhi 51% kebutuhan angka kecukupan gizi (AKG) per hari.

Kemudian menurut sebuah penelitian bahwa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain vitamin C yang dapat menyehatkan jantung, serat dan senyawa kimia alami di dalam lemon juga dapat menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung secara signifikan.

Jaga Kesehatan Kulit

Selanjutnya, dengan meminum air lemon hangat baik untuk kesehatan kulit. Hal itu karena tingginya vitamin C dalam buah lemon sehingga dapat menjaga kelembapan kulit, mencegah keriput, serta melindungi kulit dari radiasi sinar UV dan tanda-tanda penuaan.

Mencegah Batu Ginjal

Selain kaya akan kandungan vitamin C, air lemon juga mengandung asam sitrat yang dipercaya dapat mencegah batu ginjal. Konsumsi air lemon juga bisa mencegah dehidrasi yang menjadi penyebab umum terbentuknya batu ginjal.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi setengah cangkir (125ml) jus lemon setiap harinya.

Mencegah Kanker

Tak hanya mencegah batu ginjal, lemon juga dapat mencegah kanker. Menurut beberapa penelitian, orang yang mengonsumsi buah jeruk paling banyak, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker.

Dalam penelitian tabung reaksi, senyawa dari buah lemon dapat membunuh sel-sel kanker.

Bahkan menurut National Center for Health Research, penelitian menunjukkan bahwa lemon dan buah jeruk lainnya memiliki zat alami yang mungkin memiliki sifat melawan kanker, yaitu pektin jeruk dan limonoid yang dimodifikasi.

Leave a comment