Masuk Bursa Cawapres Ganjar Pranowo, AHY: Politik Indonesia harus Cair

By Anisa
3 Min Read
AHY Masuk Bursa Cawapres Ganjar Pranowo (Foto: Antara)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk ke dalam bursa bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo. Hal itu disampaikan oleh Puan Maharani.

Menanggapi hal itu, AHY pun menyampaikan apresiasi atas pernyataan Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP tersebut.

Politik Indonesia Cair

Dengan pernyataan dari Puan Maharani, AHY mengaku sangat menghormatinya. Menurutnya demokrasi adalah ruang yang bebas dan luas.

- Advertisement -

“Saya menghormati seperti saya menghormati siapa pun yang memberikan sikap atau pernyataan. Bagi saya demokrasi adalah ruang yang bebas, ruang yang luas untuk hadirnya gagasan-gagasan semacam itu,” kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Juni 2023.

AHY mengungkapkan bahwa dirinya selalu berusaha merasionalisasi apa pun yang disimulasikan oleh para entitas politik saat ini, termasuk saat dirinya dipasangkan dengan Ganjar.

Apalagi, AHY mengatakan dirinya juga masih terus membangun komunikasi dengan partai manapun.

“Politik Indonesia memang harus cair, kita bukan politik pembelahan sebetulnya, bukan hanya ada dua partai utama seperti layaknya Amerika Serikat,” lanjut AHY.

Baca Juga: Masuk Bursa Cawapres Ganjar Pranowo, AHY: Politik Indonesia harus Cair

Bangun Koalisi Perubahan

Meski demikan, AHY menyampaikan bahwa dirinya masih tetap menjunjung tinggi etika, nilai, dan juga prinsip-prinsip dalam berkomunikasi politik.

AHY juga memastikan bahwa dirinya tetap memilih untuk membangun Koalisi Perubahan, meski mengapresiasi pernyataan Puan Maharani.

“Kami juga terus memantapkan rancang bangun dari Koalisi Perubahan ini,” kata AHY.

Baca Juga: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Diusulkan Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Isu Cawapres yang Dampingi Ganjar

Diberitakan sebelumnya bahwa Puan Maharani mengungkap nama-nama bakal cawapres Ganjar Pranowo.

“Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, dan Pak Airlangga,” kata Puan dalam konferensi pers di Sekolah Partai DPP PDIP, Selasa kemarin, 6 Juni 2023.

Puan menjelaskan seluruh nama tersebut masuk dalam peta PDIP. Dan semua kandidat memiliki kelebihan masing-masing.

“Tentu punya kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan,” kata Ketua DPR RI itu.

Selain itu, Puan juga menyebut nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY masuk dalam bursa bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo.

“Ada Pak AHY.”

Menurut Puan bakal cawapres tersebut akan dipilih yang bisa mendukung Ganjar, visioner, dan punya cita-cita.

“Apakah bisa bekerja sama dengan calon presiden dari PDI Perjuangan, sesuai dengan visi-misi, cita-cita, dan lain sebagainya,” tambah AHY.

Leave a comment