4 Daftar Manfaat Daun Mangga Bagi Kesehatan, Atasi Batu Ginjal

By Anisa
3 Min Read
Manfaat Daun Mangga Bagi Kesehatan (Foto: Pixabay)

Daun mengga memiliki kandungan fenol, flavonoid dan vitamin A, B serta C. Banyak yang tidak tahu ternyata daun mangga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tanaman ini diketahui bersifat antiradang dan antibakteri serta mengandung antioksidan. Oleh karena itu, beberapa kandungan tersebut mampu mendukung kesehatan tubuh, salah satunya mengobati diabetes.

Selain itu, daun mangga juga efektif untuk menurunkan tekanan darah dan cemas yang berlebihan.

- Advertisement -

Lantas bagaimana cara mengonsumsinya? Caranya dengan mengeringkan daunnya dan diolah sebagai teh herbal atau jamu. Jika tidak mau ribet, kamu bisa membeli suplemen herbal dengan kandungan daun mangga.

Mengatasi Batu Ginjal

Daun mangga bisa mengatasi batu ginjal. Batu ginjal merupakan asal muasal penyakit ginjal yang bisa berdampak pada kematian. Kondisi ini dapat ditandai dengan sering buang air kecil, nyeri di bagian perut bawah dan penurunan jumlah volume urine.

Lalu bagaimana mengatasi gelaja tersebut? Giling daun mangga sampai halus dan dikeringkan di tempat teduh. Kemudian campurkan dengan air dan simpan semalaman.

Konsumsilah di pagi hari untuk memecahkan batu dan membuangnya lewat aliran urine.

Mengatasi Disentri

Penyakit disentri juga bisa diatasi menggunakan daun mangga. Pasalnya, disentri adalah penyakit infeksi usus yang menyebabkan diare berair disertai dengan darah atau lendir. Penyakit ini disebabkan oleh paparan bakteri atau amuba yang tak sengaja tertelan dan masuk ke dalam tubuh.

Nah, untuk mengatasinya bisa menggunakan seduhan daun mangga. Caranya bisa mengeringkan daun terlebih dahulu.

Setelah itu, blender hingga halus dan campurkan ke dalam secangkir air hangat. Konsumsi sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Optimalkan Fungsi Penglihatan

Selanjutnya, daun mangga juga bermanfaat untuk mengoptimalkan penglihatan karena kandungan senyawa terpenoids yang banyak terkandung dalam daun mangga.

Kandungan senyawa terpenoids dapat meningkatkan kekebalan tumbuh atau imunitas. Hal itu karena senyawa tumbuhan tersebut memiliki sifat antioksidan dan dapat melindungi sel dari radikal bebas.

Obat Anti Kanker

Zat mangiferin yang terkandung di dalam daun mangga memiliki potensi sebagai anti kanker. Karena dapat melawan stress oksidatif dan peradangan di dalam tubuh.

Studi tabung reaksi menunjukkan efek spesifik dari mangiferin dapat melawan leukemia dan paru-paru, otak, payudara, serviks, dan kanker prostat.

Potensi anti kanker yang kuat dari kulit mangga adalah lignannya yang merupakan jenis lain dari polifenol.

Leave a comment