Tips Menurunkan Kolesterol, Penting Menjaga Berat Badan

By Anisa
2 Min Read
Tips Menurunkan Kolesterol, Penting Menjaga Berat Badan (Foto: Pixabay)

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh dan berasal dari makanan hewani. Senyawa ini akan membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Oleh karena itu, kolestrol yang tinggi dapat menjadi akar dari berbagai penyakit serius, terutama penyakit kardiovaskuler.

Jadi apabila mengetahui kadar kolesterol tinggi, kamu perlu waspada dan segera menurunkannya dengan cara alami maupun dengan resep dokter.

- Advertisement -

Mencoba menurunkan kolesterol tinggi dengan cara alami juga dapat bermanfaat bagi kesehatan lainnya. Karena itu, dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips menurunkan kolesterol dengan alami.

Jaga Berat Badan

Salah satu tips yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol adalah dengam cara menjaga berat badan agar tetap ideal.

Hal itu karena obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.
 
Menurut penelitian Alexander B Leichtle yang dipublikasi pada American Journal of Clinical Nutrition, menurunkan dan mengendalikan berat badan dalam jangka panjang dapat memengaruhi metabolisme tubuh terhadap kolesterol.

Jadi badan yang ideal dapat membantu meningkatkan penyerapan kolesterol baik (HDL) dan mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL).

Konsumsi Makanan Berserat

Dengan mengkonsumsi makanan berserat juga bisa menurunkan koleterol secara alami. Pasalnya serat serat dapat mengikat lemak, sehingga mampu mengurangi penyerapan kolesterol di dalam usus. Dengan begitu, kolesterol darah pun berkurang.

Memenuhi kebutuhan serat, Anda dapat mengonsumsi makanan seperti gandum, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran.

Olahraga

Selain menjaga berat badan, olahraga teratur setiap harinya dapat membuat tubuh menjadi bugar dan membantu penurunan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Menghindari Rokok

Merokok dapat membawa efek buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah mengganggu keseimbangan kadar kolesterol.

Jadi apabila memiliki kebiasaan merokok, ada baiknya segera hentikan. Selain itu, kamu juga harus menghindari asap rokok. 

Dengan begitu dapat menurunkan kolesterol baik, kebiasaan merokok juga membuat pembuluh darah menjadi kaku. Akibatnya, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.

Leave a comment