Solo Terpilih Jadi Tuan Rumah Semifinal dan Final Piala Dunia U-17

By Anisa
4 Min Read
Solo Terpilih Jadi Tuan Rumah Semifinal dan Final Piala Dunia U-17 (Foto: Antara)

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan bahwa Kota Solo telah terpilih menjadi tuan rumah babak semifinal dan final Kejuaraan Piala Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada November mendatang.

Erick Thohir mengungkapkan alasan memilih Solo sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 karena merupakan kota bersejarah, PON pertama digelar di Solo.

“Solo akan menjadi tempat semifinal dan final Kejuaraan Piala Dunia U-17, karena kota ini, bersejarah, PON pertama digelar ada di sini. Siapa tahu sepak bolanya juga buat sejarah,” kata Erick Thohir, dalam acara meninjau seleksi pemain Timnas U-17, di Stadion Sriwedari Solo, Minggu, 23 Juli 2023.

- Advertisement -

Meski demikian, Erick Thohir mengatakan bahwa beban tersebut jangan diberatkan biarkan pemain yang mengeluarkan seluruh kemampuannya seperti kemarin Timnas SEA Games, mereka yang mau dan mereka membuktikan jadi anak muda Indonesia. Kalau dibimbing dan diberi kesempatan dan mereka bangkit, Insya Allah ada jalan.

Seleksi Pemain Timnas U-17

Dikutip dari Antara, Erick Thohir yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu, mengatakan, seleksi pemain Timnas U-17 sudah berjalan di tujuh kota yang hadir di Jakarta, Bandung, Palembang, Bali, dan Solo, ada yang di Kalimantan dan Banjarmasin seleksi berjalan lancar dan dipastikan tidak ada pemain titipan.

Oleh karena itu, lanjut Erick Thohir, PSSI memberikan kesempatan kepada talenta yang ada di Indonesia dan serius mempersiapkan Piala Dunia U-17 dan Piala Dunia U-20.

“Karena, kita ingin memberikan sebesar-besarnya kepada talenta yang ada di Indonesia dan kita serius mempersiapkan tidak hanya untuk U-17 tahun ini, tetapi juga untuk U-20 pada 2025,” kata Erick yang didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Karena, lanjut Erick, tidak mungkin membentuk tim yang tangguh dengan program yang terus pendek-pendek saja. Keseriusan ini, bisa diumumkan pihaknya sudah menandatangani dengan Frank Wormuth asal Jerman, yang akan menjadi pelatih pendamping, Indra Syafri, juga sangat menyambut untuk terus bekerja sama.

Solo Siap Digunakan Piala Dunia U-20

Menurut Erick Thohir, khususnya untuk Kota Solo ini, dulu sudah siap digunakan Piala Dunia U-20 tetapi FIFA tetap akan mengecek ulang.

Sementara itu, pada seleksi pemain Timnas U-17 yang digelar di Stadion Sriwedari Solo telah diikuti sebanyak 280 pemain dan mereka mayoritas dari sekolah sepak bola di wilayah Solo Raya. Solo menjadi salah satu tempat seleksi pemain Timnas U-17 dari total 12 kota yang selenggarakan.

“Jadi tim yang dibentuk ini, sebenarnya tim sudah ada AFF U-16, tetapi tentu ada faktor umur dan lain-lain, makanya kita rekrut kembali lagi talenta di 12 kota. Tentu kita menyadari tidak ada kompetisi. Tapi, saya percaya kemarin Timnas U-19 perempuan persiapan sangat minim tidak ada kompetisi, tetapi dapat tembus semifinal sejarah pertama kali AFF itu,” katanya.

Indonesia Punya Talenta harus Dibina

Artinya, Erick Thohir menambahkan bahwa Indonesia mempunyai talenta yang bagus namun harus dibina. Karenanya, untuk pemusatan latihan sekarang jangka panjang empat bulan dan ini terus terus direkrut juga talenta-talenta dari 12 kota.

Diaspora dari enam pemain terseleksi dua nanti biar tim pelatih yang mengumumkan lalu panggil enam lagi diaspora. Jadi semua talenta terbaik Indonesia yang ada di tempat lain mau bergabung.

Leave a comment