Profil dan Biodata Lengkap Gita Wirjawan, Eks Menteri Perdagangan Disentil Hotman Paris

By Anisa
3 Min Read
Profil dan Biodata Lengkap Gita Wirjawan, Eks Menteri Perdagangan Disentil Hotman Paris (Foto: Instagram/@gwirjawan)

Gita Wirjawan adalah seorang wirausahawan, investor, pemusik, produser, politikus, dan negarawan yang berasal dari Indonesia.

Namanya tengah menjadi perbincangan publik setelah disentil oleh pengacara kondang Hotman Paris terkait salah satu masalah bisnisnya sempat bermasalah dengan hukum.

Tidak hanya itu, Hotman Paris juga memberikan isyarat bahwa Putri dari Koki cantik Farah Quin wajahnya disebut mirip dengan Gita Wirjawan.

- Advertisement -

Penasaran dengan sosok Gita Wirjawan? Berikut profil Gita Wirjawan lengkap dengan karir Gita Wirjawan.

Eks Menteri Perdagangan

Gita Wirjawan adalah mantan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (2011-2014) di dalam Kabinet Indonesia Bersatu II pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2009-2014).

Pria 57 tahun ini diangkat menjadi Menteri Perdagangan pada bulan Oktober 2011. Kemudian, tahun 2014 mengundurkan diri sebagai Menteri Perdagangan untuk mengikuti Konvensi Partai Demokrat sebagai Calon Presiden.

Pengusaha

Sosok Gita Wirjawan juga dikenal sebagai seorang pengusaha. Tahun 2008 ia mendirikan Ancora Group yang berfokus pada penanaman modal di Indonesia.

Ancora Capital, sebuah perusahaan pendanaan ekuitas swasta dari kelompok ini, menanamkan modalnya di perusahaan yang sedang berkembang di segmen pasar menengah dalam sektor konsumen dan sumber daya alam.

Pendidikan

Mengenai pendidikan Gita Wirjawan, ia menempuh pendidikan S1nya di Universitas Texas di Austin tahun 1988 dengan gelar sarjana di bidang Administrasi Niaga.

Tahun 1989, Gita meraih gelar Magister di bidang Administrasi Niaga dari Baylor University, dan tahun 200 gelar Magister dalam bidang Administrasi Publik dari John F.

Tahun 2000, Kennedy School of Government di Harvard University sebagai Mason Fellow. Ia juga memiliki kualifikasi sebagai Certified Public Accountant dari Negara Bagian Texas, Amerika Serikat, dan sebagai Chartered Financial Analyst.

Sangat Peduli dengan Pendidikan

Gita Wirjawan sangat sadar akan dunia pendidikan sebagai pendorong Indonesia untuk menjadi negara maju. Gita mendirikan Ancora Foundation dengan misi untuk membantu pendidikan usia dini dan pendidikan lanjutan untuk warga negara Indonesia yang memiliki bakat akademis.

Gita Wirjawan juga telah menyediakan beasiswa ke sekolah-sekolah ternama di seluruh dunia termasuk Harvard University, University of Oxford, Stanford University, University of Cambridge, Universiti Malaya, Nanyang Technological University, and Sciences Po.

Profil dan biodata Gita Wirjawan

Nama lengkap: Gita Irawan Wirjawan

Nama panggung: Gita Wirjawan

Nama panggilan: Gita

Lahir: Jakarta, 21 September 1965

Umur: 57 tahun

Pendidikan: Harvard University

Pekerjaan: Pengusaha

Instagram: @gwirjawan

Leave a comment