Masa Jabatan Heru Budi Berakhir Lusa, Begini Biodata dan Profilnya

By dwi kurnia
4 Min Read
Tugas Heru Budi Hartono sebagai pejabat Gubernur DKI Jakarta akan berakhir Selasa, 17 Oktober 2023. Masa jabatannya berpeluang diperpanjang. (Foto: Instagram herubudihartono)

Tugas Heru Budi Hartono sebagai pejabat Gubernur DKI Jakarta akan berakhir Selasa, 17 Oktober 2023. Masa jabatannya berpeluang diperpanjang.

Selama memimpin Jakarta, beberapa sejumlah hal yang sudah dikerjakan Heru Budi yakni meniadakan anggaran penambahan jalur sepeda dalam RAPBD 2023, tidak menganggarkan kembali pembangunan rumah DP Nol Rupiah, hingga buka posko pengaduan masyarakat di Balai Kota.

Profil Heru Budi Hartono

Heru Budi Hartono saat ini menjabat Kasetpres Kementerian Sekretariat Negara. Sebelumnya dia telah menduduki banyak jabatan di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Jabatan terakhirnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta.

- Advertisement -

Karier pria yang lahir 13 Desember 1965 lalu itu di Pemprov DKI dimulai dari menjadi staf khusus Wali Kota Jakarta Utara pada 1993. Dia juga pernah menjabat staf Bagian Penyusunan Program Kota Jakarta Utara pada 1995.

Baca Juga: Fakta-Fakta Oklin Fia, Selebgram yang Viral Jilat Batang Es Krim

Heru menjabat Kasubag Pengendalian Pelaporan Kota Jakarta Utara pada 1999, Kasubag Sarana dan Prasarana Kota Jakarta Utara pada 2002, Kepala Bagian Umum Kota Jakarta Utara pada 2007 dan Kepala Bagian Prasarana dan Sarana Perkotaan Kota Jakarta Utara pada 2008.

Dia juga pernah menjabat Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (Kabiro KDH dan KLN) Pemprov DKI Jakarta pada 2013.

Pada 2014, Heru yang masih menjabat Kabiro KDH dan KLN Pemprov DKI Jakarta dipercaya oleh Gubernur DKI Jakarta yang saat itu dijabat Joko Widodo (Jokowi), menjabat Wali Kota Jakarta Utara. Jokowi saat melantik pada 13 Januari 2014 menyampaikan alasannya memilih Heru Budi Hartono sebagai Wali Kota Jakarta Utara. Heru dinilai menguasai masalah wilayah Jakarta Utara dan diyakini bisa mengatasi permasalahan yang ada, seperti Taman BMW, Waduk Pluit dan Marunda.

“Beliau mengikuti masalah Taman BMW dan Waduk Pluit. Ia mengikuti dari awal. Pak Heru menguasai wilayah di sini. Tanya sedetail apapun pasti dia ngerti,” kata Jokowi saat itu, dikutip dari situs Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara.

Baca Juga: Profil dan Biodata Gelandang Persib Levy Clement Madinda Fokus Menang di Kandang

Setelah menjabat Wali Kota Jakarta Utara, Heru kemudian menjabat Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta pada 2015. Dia dilantik oleh Plt Gubernur DKI Jakarta yang saat itu dijabat Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok

Heru Budi menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden pada 2017 silam, akhirnya terpilih sebagai Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan.

Perjalanan Karir

Berikut perjalanan karir Heru Budi Hartono

  • Staf Khusus Wali kota Jakarta Utara (1993)
  • Staf Bagian Penyusunan Program Kota Jakarta Utara (1995)
  • Kasubag Pengendalian Pelaporan Kota Jakarta Utara (1999)
  • Kasubag Sarana & Prasarana Kota Jakarta Utara (2002)
  • Kepala Bagian Umum Kota Jakarta Utara (2007)
  • Kepala Bagian Prasarana dan Sarana Perkotaan Kota Jakarta Utara (2008)
  • Kepala Biro KDH dan KLN DKI Jakarta (2013)
  • Wali kota Jakarta Utara (2014)
  • Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah DKI Jakarta (2015)
  • Kepala Sekretariat Presiden RI (2017)
  • Pj Gubernur DKI Jakarta (2022-2024)
Leave a comment