Fakta-Fakta Cak Imin dan Mahfud MD Cawapres 2024, yang Tidak Punya Hutang

By dwi kurnia
3 Min Read
Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar baru mendaftarkan diri sebagai Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Kamis (19/10). Sedangkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dikarbarkan meyusul hari ini. (Foto: detik.com

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar baru mendaftarkan diri sebagai Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Kamis (19/10). Sedangkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dikarbarkan meyusul hari ini.

Dua bakal cawapres ini memiliki harta kekayaan mencapai puluhan miliar rupiah, menariknya mereka tercatat tidak memiliki hutang.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di E-LHKPN yang disampaikan pada 31 Maret 2023 untuk periode 2022, total harta Mahfud MD tercatat Rp 29,54 miliar.

- Advertisement -

Harta kekayaan Mahfud MD dan Cak Imin

Harta Mahfud terbagi dalam bentuk aset berupa tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, harta bergerak lainnya, serta kas dan setara kas.

Sebagian besar harta Mahfud berupa 15 aset dalam bentuk tanah dan bangunan dengan total nilai Rp 12,06 miliar. Aset-aset tersebut tersebar di Kab/kota di Sleman, Jakarta Selatan, hingga Pamekasan.

Baca Juga: Fakta-Fakta Oklin Fia, Selebgram yang Viral Jilat Batang Es Krim

Kemudian ia juga tercatat memiliki dua sepeda motor dan empat mobil dengan total nilai Rp 1,50 miliar. Setelahnya dirinya memiliki harta bergerak lainnya adalah sebesar Rp 180,50 juta, serta kas dan setara kas sebesar Rp 15,80 miliar.

Di luar itu Mahfud tercatat tidak memiliki surat berharga, harta lainnya, dan utang dalam bentuk apapun. Dengan begitu total kekayaan yang dimilikinya sebesar Rp 29.546.144.117.

Tidak memiliki hutang

Sementara itu, cawapres Muhaimin Iskandar tercatat harta kekayaannya mencapai Rp 27,28 miliar.

Kekayaan Wakil Ketua DPR itu terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp 24,70 miliar. Ada 5 tanah dan bangunan yang merupakan hasil sendiri. Selain itu, Muhaimin juga memiliki kekayaan alat transportasi dan mesin senilai Rp 259 juta dan harta bergerak lainnya Rp 171,50 juta.

Baca Juga: Profil dan Biodata Gelandang Persib Levy Clement Madinda Fokus Menang di Kandang

Ketua Umum PKB itu juga memiliki kas dan setara kas Rp 2,15 miliar. Ia tidak memiliki surat berharga dan harta lainnya. Demikian juga utang. Muhaimin Iskandar juga tercatat tidak memiliki utang. Dengan demikian, total harta Muhaimin Iskandar Rp 27,28 miliar.

Bila melihat dari laporan kekayaan Mahfud Md dan Cak Imin, dua tokoh yang maju sebagai calon wakil presiden (Cawapres) yang tidak memiliki hutang.

Leave a comment