Biodata Wang Chuanfu, Anak Petani Miskin hingga Pendiri Produsen Mobil Listrik Saingan Tesla

By dwi kurnia
3 Min Read
Keberanian Wang Chuanfu patut diacungi jempol. Pasalnya, bisnis yang ia jalani head to head dengan bisnis yang ditekuni Elon Musk, orang terkaya di dunia, yakni kendaraan listrik atau mobil listrik. (Foto: South China Morning Post)

Keberanian Wang Chuanfu patut diacungi jempol. Pasalnya, bisnis yang ia jalani head to head dengan bisnis yang ditekuni Elon Musk, orang terkaya di dunia, yakni kendaraan listrik atau mobil listrik.

Chuanfu dilaporkan memiliki kekayaan sebesar 18,8 miliar dollar atau setara Rp 293 triliun, lahir di Kabupaten Wuwei, Anhui 8 April 1966 silam, tersebut memiliki latar belakang yang kurang berada secara finansial.

Ia adalah anak keluarga petani miskin. Saat duduk di bangku SMU, Chuanfu sudah menjadi yatim piatu. Ia diasuh oleh kakak laki-laki dan perempuannya.

- Advertisement -

Ia menempuh pendidikan kimia di Central South University dan melanjutkan studinya untuk mendapatkan gelar master pada 1990 dari Beijing Non-Ferrous Research Institute.

Dari sana, ia menghabiskan beberapa tahun sebagai peneliti pemerintah. Barulah pada 1995, ia mulai menapak ke sektor swasta dan mulai mendirikan perusahaannya sendiri bersama sepupunya di Shenzhen, BYD.

Langkah Menuju BYD

Pada 2003 silam, BYD yang merupakan kependekan dari membangun impian Anda atau Build Your Dream, awalnya memproduksi baterai ponsel, laptop, dan elektronik lainnya merupakan terbesar di dunia.

Baca Juga: Profil dan Biodata Gelandang Persib Levy Clement Madinda Fokus Menang di Kandang

Lalu, pada 2008, miliarder AS Warren Buffett melalui Berkshire Hathaway membeli lebih dari 10 persen saham BYD dengan mengatakan bahwa suatu hari nanti BYD akan menjadi pemain terbesar di pasar mobil global yang pasti akan beralih ke mobil listrik.

Chuanfu yang dikenal dengan ide-ide inovatif dan briliannya saat itu sudah mulai mengepakkan sayap bisnis ke sektor otomotif, khususnya mobil listrik walaupun ketika itu, kendaraan listrik masih dalam masa pertumbuhan.

Kerja keras berbuah manis

Otak encer dan kerja kerasnya berbuah manis. Paruh pertama tahun ini, BYD sudah berhasil menjual 641 ribu unit kendaraan listrik, meski perusahaan hanya mendapat sedikit pengakuan di luar China. Sementara CNBC melaporkan tahun lalu BYD berhasil menjual 130 ribu unit mobil listrik.

Baca Juga: Fakta-Fakta Oklin Fia, Selebgram yang Viral Jilat Batang Es Krim

Kesuksesan BYD bukan sekejap mata. Menurut Fortune, BYD mampu membangun baterai tahan lama dan kendaraan listrik yang lebih murah daripada pabrikan Amerika dan Jepang.

Berikut profil singkat Wang Chuanfu, dilansir Forbes:

  1. Lahir di sebuah desa pertanian di salah satu provinsi termiskin di Tiongkok pada tahun 1966, Wang menjadi yatim piatu saat remaja dan dibesarkan oleh kakak laki-laki dan perempuannya.
  2. Orang yang berprestasi tinggi berhasil mencapai perguruan tinggi, unggul dalam bidang teknologi baterai.
  3. Wang mendirikan BYD sebagai perusahaan baterai isi ulang pada pertengahan tahun 1990an.
  4. Berkshire Hathaway dari Warren Buffett sekarang memiliki sekitar 8% saham BYD, setelah pertama kali menginvestasikan $230 juta untuk 10% saham pada tahun 2008.
  5. Wang Chuanfu telah memimpin BYD menjadi perusahaan kendaraan listrik terbesar di dunia berdasarkan penjualan, menyalip Tesla pada tahun 2022 dan menguasai 21% pasar global saat ini.
Leave a comment