Fakta-Fakta Bakal Cawapres Terkuat Versi 4 Lembaga Survei. Akankah Dipilih Prabowo?

By dwi kurnia
2 Min Read
Nama Erick Thohir kerap termasuk nama terkuat sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto (Foto: Antara)

Ada dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) ketika pedaftaran hari pertama, Kamis (19/10) yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari mengungkapkan bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo, belum berkirim surat terkait pendaftaran capres dan cawapres dari koalisinya

“Sampe saat ini, kami belum mendapatkan informasi tentang gabungan partai politik yang akan mendaftarkan bakal calon presiden dan wakil presiden,” ungkap Hasyim di KPU.

- Advertisement -

Baca Juga: Fakta-Fakta Oklin Fia, Selebgram yang Viral Jilat Batang Es Krim

Dilansir dari Antara, Kepala Badan Komunikasi Strategis dan Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut terdapat empat nama terkuat menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto, yaitu Erick Thohir, Yusril Ihza Mahendra, Khofifah Indar Parawansa, dan Gibran Rakabumin Raka.

Empat lembaga survei ungkap suara terbanyak untuk bakal cawapres Prabowo

Adapun dari empat nama tersebut, kerap kali meraih suara terbanyak dalam survei-survei politik belakangan ini adalah Erickh Thohir.

Selama periode Agustus-September 2023 setidaknya ada empat lembaga yang menggelar survei terkait elektabilitas bakal cawapres, yaitu Poltracking Indonesia, Polling Institute, Indikator, dan Litbang Kompas.

Dalam survei simulasi 11 nama bakal cawapres versi Poltracking Indonesia (September 2023), Erick Thohir menempati posisi puncak dengan perolehan 18,6 persen suara responden.

Capaian itu jauh mengalahkan Gibran Rakabumin Raka yang hanya meraih 7,3 persen suara.

Baca Juga: Profil dan Biodata Gelandang Persib Levy Clement Madinda Fokus Menang di Kandang

Erick Thohir juga tercatat paling unggul dalam survei simulasi 19 nama bakal cawapres versi Polling Institute (Agustus 2023) dengan perolehan suara 15,1 persen.

Sedangkan dalam survei Indikator Politik Indonesia secara individu (Oktober 2023), Erick Thohir meraih 70,3 persen sebagai bakal cawapres yang paling banyak diketahui publik.

Namun, dalam survei simulasi 13 nama bakal cawapres versi Litbang Kompas (Agustus 2023), Ridwan Kamil unggul dengan perolehan suara 8,4 persen, sementara Erick Thohir di peringkat ketiga dengan peraihan 8 persen.

Leave a comment