Jelang Tes Kesehatan, Mahfud MD Puasa Hingga Olahraga

By dwi kurnia
3 Min Read
Mahfud MD mengaku tidak ada persiapan khusus menjelang tes kesehatan. (Foto: Instagram mohmahfudmd)

Bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjalani tes kesehatan pada hari ini, Minggu (22/10). Mahfud MD mengaku tidak ada persiapan khusus menjelang tes kesehatan. Dia mengikuti anjuran tim kesehatan, yakni berpuasa sejak Sabtu malam (21/10), pukul 20.00 WIB.

“Persiapan standar saja, puasa sejak tadi malam sampai sekarang. Tadi malam diminta puasa sejak 8 (malam) dan jam 7 (pagi) diharapkan sudah sampai di sana (RSPAD Gatot Soebroto) memulai pemeriksaan kesehatan,” kata Mahfud MD.

Mahfud juga tak melakukan olahraga khusus menjelang tes kesehatan. Dia hanya melakukan gerak tubuh yang rutin dilakukan selama ini.

- Advertisement -

“Olahraga tidak banyak, tapi seminggu 3 kali joging di komplek ini (selama) 45 menit. Kemudian main pimpong 10 menit,” ujar dia.

Baca Juga: Fakta-Fakta Oklin Fia, Selebgram yang Viral Jilat Batang Es Krim

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) mengaku secara keseluruhan kondisi kesehatannya baik-baik saja. Dia mengaku jarang menderita sakit.

“Seperti saudara lihat, saya tidak pernah sakit, tidak pernah masuk rumah sakit, dan selalu bepergian. Insyaallah sehat,” ungkap dia.

Sempat batuk menjelang tes kesehatan

Namun, Mahfud mengaku mengalami batuk menjelang tes kesehatan.

“Agak batuk karena sering pidato tiga hari ini,” ujarnya.

Sementara itu, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kepala RSPAD Gatot Soebrota Albertus Budi Sulistya mengatakan pemeriksaan tes kesehatan terhadap pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD masih sama seperti pemeriksaan kesehatan pasangan calon sebelumnya, atau tidak ada perubahan dari sisi materi, alat, metode serta tim yang dilibatkan.

Hasyim di Gedung Medical Check-UP RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu, (22/10) mengatakan, pemeriksaan kesehatan kali kedua ini merupakan kesempatan bagai pasangan bakal capres dan cawapres yang mendaftar diurutan kedua, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Seperti hari pertama durasi kurang lebih sama, substansi sama, metode sama, tim dokter pemeriksaan juga sama,” kata Hasyim.

Baca Juga: Profil dan Biodata Gelandang Persib Levy Clement Madinda Fokus Menang di Kandang

Sementara itu Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya juga menyebut pihaknya siap untuk menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan pasangan calon Ganjar- Manfud MD.

“Perlu kami sampaikan materi pemeriksaan, tim pemeriksaan, alat pemeriksaan, rundown pemeriksaan persis sama,” katanya.

Sehari sebelumnya, pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskadar telah melaksanakan tes kesehatan di tempat yang sama.

Leave a comment