Biodata dan Profil Ernando Ari, Kiper Persebaya Surabaya Andalan Shin Tae-yong di Timnas

By DP
4 Min Read
Biodata dan profil Ernando Ari, penjaga gawang atau kiper Persebaya Surabaya, merupakan pemain Timnas Indonesia andalan Shin Tae-yong yang telah mencatatkan sejumlah prestasi gemilang. Selain membawa Persebaya U-20 meraih gelar juara Elite Pro Academy Liga U-20 2019, ia juga tampil luar biasa bersama Timnas Indonesia. (Foto: pssi.org)

Biodata dan profil Ernando Ari, penjaga gawang atau kiper Persebaya Surabaya, merupakan pemain Timnas Indonesia andalan Shin Tae-yong yang telah mencatatkan sejumlah prestasi gemilang. Selain membawa Persebaya U-20 meraih gelar juara Elite Pro Academy Liga U-20 2019, ia juga tampil luar biasa bersama Timnas Indonesia.

Memiliki tinggi badan 178 cm, pemilik nama lengkap Ernando Ari Sutaryadi selalu menjadi andalan Persebaya Surabaya di bawah mistar gawang Pasukan Bajul Ijo. Meskipun, posturnya terkadang dianggap tidak proporsional untuk seorang penjaga gawang, hal itu tidak pernah menghalangi Ernando untuk menunjukkan prestasinya.

Tak hanya di Persebaya Surabaya, ia juga menjadi tulang punggung Timnas Indonesia. Meskipun sering bergantian di timnas berbagai kelompok umur, Ernando Ari akhirnya mendapatkan promosi dari Shin Tae-yong untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

- Advertisement -

Debut Bersama Timnas Indonesia

Debutnya bersama Timnas senior terjadi pada laga AFF 2020. Penampilannya bersama Timnas Indonesia dianggap luar biasa, dan ia sering mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk menjaga gawang Indonesia.

Pada pertandingan bersejarah melawan Juara Dunia dalam FIFA Matchday Juni 2023, Ernando Ari yang baru saja meraih Emas SEA Games di Kamboja, dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk menjadi penjaga gawang dalam tantangan melawan tim nomor satu dunia tersebut. Meskipun mendapat kritik dari Shin Tae-yong, Nando bersyukur karena pertandingan melawan tim Juara Dunia Argentina memberinya banyak pelajaran berharga.

Baca Juga: Profil dan Biodata Gelandang Persib Levy Clement Madinda Fokus Menang di Kandang

Prestasinya sempat menjadi viral setelah penyelamatan gemilangnya menggagalkan tendangan penalti Vietnam dalam final Piala AFF U-23 2023. Pertandingan kontra Vietnam selalu menjadi laga sengit bagi Indonesia. Namun, pada adu penalti, Ernando Ari sebagai penendang keenam gagal mengeksekusi tendangan penalti.

Ia merasa seakan melayang dan sulit untuk tidur. Ia bahkan meminta maaf kepada Shin Tae-yong karena gagal membawa pulang gelar juara. Namun, Shin Tae-yong memahaminya dan esoknya memberinya roti, menyiratkan bahwa kegagalan meraih gelar juara AFF bukanlah kesalahan pribadinya.

Setelah kegagalan dalam Piala AFF U-23, Shin Tae-yong kembali memanggil Ernando untuk kualifikasi Piala AFC U-23. Untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia U-23. Terbaru, Ernando Ari turut berperan dalam membawa Indonesia lolos ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026.

Karier Sepak Bola Ernando Ari

Karier sepakbolanya dimulai dari Persebaya Junior (2018), Garuda Select (2019), hingga bergabung dengan tim senior Persebaya (2020-Sekarang). Selain itu, ia juga telah berkontribusi bagi Timnas Indonesia dari level U-16, U-18, U-23, hingga timnas senior.

Ernando Ari yang lahir pada 27 Februari 2002 di Semarang, juga memiliki koleksi trofi yang cukup mengesankan, termasuk Medali Emas SEA Games Kamboja 2023, Runner Up AFF U-23 2023, Perunggu SEA Games Vietnam 2021, Juara AFF U-16 2018, dan Juara Ketiga AFF U-18 2019.

Biodata Ernando Ari

Nama Lengkap: Ernando Ari Sutaryadi

Tempat Lahir: Semarang

Tanggal Lahir: 27 Februari 2002

Klub: Persebaya Surabaya

Baca Juga: Fakta-Fakta Oklin Fia, Selebgram yang Viral Jilat Batang Es Krim

Posisi: Penjaga Gawang

Tinggi :178 cm

Demikian biodata dan profil Ernando Ari, penjaga gawang atau kiper Persebaya Surabaya, merupakan pemain Timnas Indonesia andalan Shin Tae-yong yang telah mencatatkan sejumlah prestasi gemilang. Selain membawa Persebaya U-20 meraih gelar juara Elite Pro Academy Liga U-20 2019, ia juga tampil luar biasa bersama Timnas Indonesia.

Leave a comment