Makan Siang dengan Ketiga Bakal Capres Kokohkan Pondasi Politik, Jokowi disebut Netral pada Pemilu 2024

By Anisa
3 Min Read
Makan Siang dengan Ketiga Bakal Capres Kokohkan Pondasi Politik, Jokowi disebut Netral pada Pemilu 2024 (Foto: Instagram/@jokowi)

Makan siang Presiden Jokowi dnegan tiga bakal calon presiden (capres) dinilai menjadi langkah positif untuk mengokohkan pondasi politik dan Jokowi disebut netral dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Hal itu disampaikan oleh pengamat politik Ahmad Khoirul. Ia mengatakan dengan mengumpulkan para capres, Jokowi seolah-olah bisa netral dan berdiri tegak di atas tiga capres.

“Dengan mengumpulkan para capres, Jokowi hendak mengesankan dirinya seolah bisa netral dan berdiri tegak di atas tiga capres yang berlaga,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023.

- Advertisement -

Baca Juga: Fakta-Fakta Oklin Fia, Selebgram yang Viral Jilat Batang Es Krim

Langkah Positif Kokohkan Pondasi

Dikutip dari Antara, Dosen Universitas Paramadina Jakarta itu pun berpendapat bahwa undangan makan siang itu tentu menjadi langkah positif untuk mengokohkan pondasi politik dan rekonsiliasi.

“Agar tidak ada pembelahan dan benturan mendasar dalam proses kontestasi ke depan,” lanjutnya.

Pada saat yang sama, undangan makan siang itu juga bisa menjadi strategi diplomasi politik Jokowi, untuk menepis tudingan dan serangan politik publik yang menyasar dirinya. Selama ini, kata dia, Jokowi dikesankan tidak akan netral dalam kontestasi politik 2024.

Baca Juga: Profil dan Biodata Gelandang Persib Levy Clement Madinda Fokus Menang di Kandang

Jokowi Makan Siang Bareng 3 Capres

Diberitakan sebelumnya bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggelar santap siang bersama tiga bakal calon presiden (Capres), yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Pada ruangan makan tempat sebut, presiden dan tiga bakal capres duduk mengelilingi meja makan bundar sekitar pukul 12.30 WIB.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud MD diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Leave a comment