Musim Hujan Telah Tiba, 3 Strategi Wali Kota Jaktim Antisipasi Banjir

By Syahrul Munir
4 Min Read
Ilustrasi Pengerukan Kali guna antisipasi banjir. (FOTO: Beritajakarta.id)

Musim hujan telah tiba di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Pemerintah daerah DKI Jakarta fokus pada strategi antisipasi banjir Jakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut sebagian besar wilayah Jakarta resmi masuk musim hujan pada tengah November ini, namun belum merata. Ada sebagian wilayah yang kemungkinan baru memasuki musim hujan pada Desember.

Koordinatir Bidang Prediksi dan Peringatan Dinni Cuaca BMKG, Miming Saepudin dalam acara Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan di Provinsi DKI Jakarta mengatakan untuk wilayah DKI Jakarta bagian tengah hingga ke Selatan sudah masuk awal musim hujan di pertengahan November 2023.

- Advertisement -

Wali Kota Jakarta Timur, Muhamad Anwar telah menyiapkan tiga langkah strategis memasuki musim hujan untuk mengantisipasi banjir. Jajaran Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur telah melakukan tiga langkah strategis, yakni pertama melakukan pengerukan pada embung dan saluran penghubung.

Kedua, Sudin SDA Jakarta Timur melakukan pengerukan saluran air mikro di permukiman warga. Ketiga, pihaknya juga akan melakukan pengerukan lumpur di waduk dan juga perbaikan turap.

Baca juga: Resmi Dilantik jadi Panglima TNI, Ini Biodata dan Profil Agus Subiyanto

Muhamad Anwar mengatakan langkah antisipasi dan penanganan banjir atau genangan di wilayahnya merupakan salah satu program prioritas saat ini. Program antisipasi banjir atau genangan saat musim hujan sudah berjalan dengan baik.

“Hanya memang perlu adanya percepatan, sehingga saat datangnya hujan tidak ada lagi genangan,” ujar Muhamad Anwar.

Leave a comment