Wajib Tahu! Anjuran Konsumsi Gula Pasir Bagi Pasien Diabetes ala Dietisien Sri Rejeki Wahyuningrum

By Anisa
3 Min Read
Takaran Gula Pasir Bagi Penderita Gula Pasir (Foto: Illustrasi/pixabay)

Pasien penderita diabetes maupun tidak tentunya harus memperhatikan pola makan dan kadar gula yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, Dietsien dari Instalasi Pelayanan Gizi RSCM Sri Rejeki Wahyuningrum, SKM, RD mengatakan bahwa pasien diabetes masih boleh mengonsumsi gula pasir dengan jumlahnya maksimal lima persen dari total kebutuhan kalori per hari.

Sri Rejeki Wahyuningrum mengungkapkan bahwa mengonsumsi gula pasir dalam satu hari itu sampai 5 persen dari total kebutuhan kalori, itu masih diperbolehkan.

- Advertisement -

“Gula pasir dalam satu hari itu sampai 5 persen dari total kebutuhan kalori, itu masih diperbolehkan. Itu biasanya kita menggunakannya untuk bumbu masakan, bukan untuk minum teh atau minum sirup,” kata dia dalam sebuah acara kesehatan yang digelar daring, Selasa, 21 November 2023, dikutip dari Antara.

Satu Sendok Madu Setara Satu Porsi Buah

Mereka yang ingin menyantap madu yang termasuk karbohidrat sederhana, sebaiknya mengurangi asupan buah hariannya.

Baca Juga: Begini Cara Kerja Nyamuk Wolbachia Atasi Penyakit DBD

Hal itu karena menurut Wahyuningrum, satu sendok makan madu setara dengan satu porsi buah. Dengan begitu, ia menyarankan pasien diabetes mengurangi asupan buah hariannya dari semula empat sesuai rekomendasi menjadi tiga porsi sehari.

“Kalau minum manis ditambah gula pasir, hanya mendapatkan manis, kalau makan buah ada vitaminnya ada serat, dan serat dapat membantu menurunkan glukosa darah. Jadi lebih banyak zat gizi dibandingkan hanya minum minuman manis,” jelas dia.

Baca Juga: Biodata dan Profil Gwen Ashley Widodo, Wanita Cantik Sah Jadi Istri Ryan Harris

Leave a comment