Penyebab Wabah Pneumonia di China Ternyata Bukan Virus Baru?

By Alexander
2 Min Read
Ilustrasi Pneumonia (Healt)

Wabah Pneummoni misterius di China sedang menjadi pusat perhatian dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah turun tangan memantau dengan seksama terhadap penyakit yang menyerang kalangan anak-anak tersebut.

Kenaikan kasus pneumonia di China tersebut juga memicu kekhawatiran global atas ancaman pandemi baru, sebagaimana pandemi Covid-19 juga pada tahun 2019 lalu bermula dari China.

Penyebab Wabah Pneumonia di China

- Advertisement -

Menjawab pertanyaan apakah wabah pneumonia serupa dengan Covid-19, WHO telah meminta hasil penyelidikan yang dilakukan oleh pemerintah China. Dari laporan yang disampaikan pemerintah China, kenaikan kasus pneumonia ini ternyata disebabkan oleh beberapa pantogen saluran pernafasan.

Baca juga: Wabah Pneumonia Misterius Merebak di China, Apakah Mungkin Sampai ke Indonesia?

Kementerian Kesehatan (Kemkes) Tiongkok menyatakan, hal itu bukan disebabkan virus baru, melainkan flu dan patogen lain yang sudah diketahui.

Menurut Beijing, infeksi pernapasan yang terjadi saat ini disebabkan oleh tumpang tindihnya virus yang ada seperti virus influenza, rhinovirus, virus pernapasan syncytial, atau RSV, adenovirus serta bakteri seperti mycoplasma pneumoniae.

Leave a comment