Ramai Hoaks Nyamuk Wolbachia, DPR: Senjata Baru DBD Aman Dilakukan

By dwi kurnia
3 Min Read
Nyamuk Wolbachia, DPR: Senjata Baru DBD Aman Dilakukan (Foto: Tribunnews)

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena duduk bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk menelisir kebenaran terkait banyaknya kabar hoaks terkait nyamuk ber-wolbachia yang muncul di media sosial.

“Semua isu krusial yang berkembang di masyarakat (nyamuk wolbachia) sudah kami dan teman-teman tanyakan dan dijawab oleh berbagai pihak yang kami undang terkait mutasi genetik, peran bill gates, dan isu lainnya,” kata Melki dilansir dari laman DPR.

Melki juga meyakinkan masyarakat bahwa program nyamuk wolbachia ini aman dilakukan. Selain itu menurutnya program ini senjatu baru untuk menekan angka kasus demam berdarah (DBD).

- Advertisement -

“Pengalaman di DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) yang sudah berjalan lebih dari 10 tahun, efektif menekan demam berdarah dan tidak terjadi hal-hal membahayakan sesuai isu yang berkembang,” tegas politis Fraksi Golkar itu.

Baca juga: Fakta-Fakta Data KPU Bocor, DPR Gusar 204 Juta Data Pemilih Dijual di Internet

Dia juga menjelaskan, awal mula munculnya isu tersebut dan kini sudah bisa diedukasi dengan baik.

“Program ini ke depan di 5 kota dan ke daerah lainnya akan dievaluasi dan monitoring secara ketat oleh Menkes dan jajaran, dengan komunikasi publik yang lebih baik. Prinsipnya bahwa program ini bagus untuk kendalikan demam berdarah di Indonesia, khususnya NTT,” imbuh Laka Lena.

Leave a comment