Presiden AS Joe Biden Disebut Kewalahan Mengendalikan Benjamin Netanyahu Soal Gaza

By Ekel Suranta
2 Min Read
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden (foto: Instagram)

Inversi.id – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden disebut telah kewalahan mengendalikan Perdana Menteri Isreal, Benjamin Netanyahu terkait agresinya ke Jalur Gaza, Palestina.

Analis dari lembaga think tank Quincy Institute for Responsible Statecraft, Trita Parsi, menilai Biden telah kehilangan kendali atas pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu soal operasi militer mereka ke Palestina. 

Parsi meyakini Biden sebenarnya memiliki banyak ketidaksetujuan atas langkah Netanyahu merespons perang Israel dan Hamas.

- Advertisement -

Namun, Parsi menilai Biden tak bisa banyak berbuat banyak untuk mengendalikan Israel soal ini lantaran AS enggan berkonflik dengan sekutu dekatnya itu di Timur Tengah.

Baca juga: Lagi! Israel dan Hamas Sepakat Perpanjang Gencatan Senjata Hingga Hari Sabtu

“Mereka (AS) keberatan dengan banyak aspek yang dilakukan pemerintah Netanyahu (di Gaza). Namun, mereka tak mau memberikan tekanan nyata ke Israel untuk mematuhi persyaratan yang ditetapkan Washington,” kata Paris kepada Al Jazeera, Jumat (1/12/2023).

Di awal Agresi Israel ke Gaza berlangsung pasca serangan milisi Hamas pada 7 Oktober lalu, AS lantang mendukung Tel Aviv. AS bahkan berulang kali menegaskan Israel berhak melawan sebagai bentuk pertahanan diri atas serangan teroris Hamas.

Namun, respons Israel atas serangan Hamas semakin brutal. Agresi Israel bahkan tidak hanya menyasar Jalur Gaza, wilayah Palestina yang dikuasai Hamas, tapi juga meluas hingga ke Tepi Barat.

Israel bahkan tak segan menggempur permukiman warga, kamp pengungsi, sekolah, hingga rumah sakit di Jalur Gaza dan Tepi Barat. Rumah Sakit Al Shifa dan Rumah Sakit Indonesia di utara Gaza bahkan sempat dikepung bombardir Israel hingga menewaskan banyak orang termasuk petugas medis, dokter, hingga pasien.

Leave a comment