Arti Lullaby, Jenis Musik Pengantar Tidur yang Nyenyak

By Alexander
5 Min Read
Lullaby Musik Pengantar Tidur (iStock)

Ninabobo, dodoi atau rima-bobo adalah lagu pengantar tidur untuk anak-anak di Indonesia. Lalu bagaimana dengan orang Barat? Apakah ada lagu pengantar tidur bagi mereka? Jawabannya ada, mereka menyebut dengan istilah Lullaby.

Arti lullaby adalah sebutan untuk musik pengantar tidur bagi orang Barat. Musik ini biasanya terdengar lembut dan menyenangkan sehingga bisa membuat pendengarnya tidur dengan nyenyak.

Namun, lullaby umumnya tidak menggunakan unsur musik tradisional. Justru musik lullaby hanya berbentuk instrumental yang terinspirasi dari musik-musik barat.

- Advertisement -

Selanjutnya, alunan musik lullaby juga ditemukan permainan dinamika yang indah. Jadi menurut sejumlah para ahli, bahwa permainan dinamika tersebut dapat mengantarkan emosi penuh dengan pendengaran, sehingga pendengar dapat terhanyut dalam suasana.

Baca juga: Arti dan Makna Lagu Heather yang Dipopulerkan oleh Conan Gray

Begitu pula saat musik lullaby diputar, maka saraf parasimpatik akan bekerja dan menurunkan hormon andrenalin, sehingga hal ini disebut bermanfaat untuk kesehatan.

Musik lullaby cukup terkenal di Amerika Serikat. Biasanya kerap diperdengarkan untuk anak-anak. Jenis musik ini kerap pula digunakan dalam stimulasi multimodal karena memiliki alunan musik yang menenangkan.

Berbicara jenis musik lullaby, karya musik klasik seperti Brahm atau Mozart, musik daerah, dan nyanyian sederhana kerap dikategorikan dalam jenis yang sama. Sementara untuk ranah medis, musik ini juga biasa dipergunakan untuk mengatur prilaku bayi supaya dapat fokus dan tenang dengan keadaan.

Secara melodi, musik lullaby memiliki karakteristik yang sederhana, pola dan nyanyian yang berulang, serta struktur yang sangat singkat. Pada saat diputar, musik lullaby dapat memengaruhi denyut jantung manusia menjadi lebih rendah.

Baca juga: Lirik Lagu You’re Losing Me Taylor Swift dan Terjemahannya

Musik lullaby juga dapat digunakan sebagai sarana terapi agar bayi dapat lebih mudah tidur dengan nyenyak. Sebagaimana hasil penelitian menunjukkan bahwa alunan musik ini dapat mengubah rata-rata heart rate, respiration rate, dan saturasi okesigen bayi menjadi lebih stabil.

Memperdengarkan musik lullaby kepada bayi, mampu membuatnya lebih tenang dan rileks. Kondisi ini bisa membuat semua organ vital menjadi lebih lambat, sehingga tubuh akan mudah mencapai siklus tidur paling dalam.

Mengapa bisa demikian? Karena musik lullaby bekerja menurunkan hormon-hormon stres dan meningkatkan hormon endorphin alami (serotonin). Kondisi tersebut dapat menciptakan kondisi rileks, mengurangi rasa takut, cemas dan tegang.

Penelitian lain juga menyebut bahwa musik lallaby dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernafasan, detang jantung, dan denyut nadi. Musik ini mampu mengatifkan hormon endorphin yang berfungsi meningkatkan perasaan rileks pada seseorang.

Daftar Lagu Lullaby, Musik Pengantar Tidur

Berikut adalah beberapa lagu lullaby yang sering diperdangarkan oleh orang Barat kepada bayi, agar sang buah hati tertidur dengan nyenyak dan lelap:

Leave a comment