Jokowi Nilai Piala Dunia U-17 Wujudkan Citra Positif RI di Mata Dunia

By Alexander
3 Min Read
Presiden Jokowi Apresiasi Pegelaran Piala Dunia U-17 (Youtube/Sekretariat Presiden)

Keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-17 berdampak positif bagi persepsi citra Indonesia di mata dunia. Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/12/2024).

“Pencapaian ini merupakan kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia dan berdampak positif bagi persepsi citra Indonesia di mata dunia,” kata Presiden Jokowi.

Piala Dunia U-17 yang berakhir pada 2 Desember 2023, kata Jokowi, telah diselenggarakan secara sukses dan berjalan dengan baik selama 23 hari.

- Advertisement -

Bahkan, turnamen dengan melibatkan sebanyak 24 tim tersebut turut menuai apresiasi dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Baca juga: Erick Thohir Ungkap Sejumlah Tawaran dari FIFA Usai Piala Dunia U-17

“Alhamdulillah, pada 2 Desember 2023 yang lalu, telah selesai dilaksanakan Word Cup untuk U-17, telah sukses dan penyelenggaraanya sangat baik dan ini diapresiasi oleh FIFA sebagai salah satu event terbaik,” kata Jokowi.

Jokowi juga meminta PSSI dan Kemenpora menjajaki penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di tahun 2025. Dia meminta Kemenpora untuk terlibat.

“Saya telah memerintahkan kepada PSSI dan Kemenpora untuk menjajaki penyelenggaraan Piala U-20 di tahun 2025 dan U-17 untuk tahun 2025 sampai 2029 dan bidding bersama Singapura,” ujar Jokowi.

Jokowi yakin Indonesia bersama Singapura bisa menjadi tuan rumah yang baik. Dia berharap Indonesia dan Singapura dapat menggelar dua turnamen itu.

“Saya yakin Indonesia dan Singapura akan dapat menjadi tuan rumah yang baik untuk kedua turnamen yang saya sampaikan, yakni U-17 dan U-20,” ujarnya.

Untuk mencapai arah tersebut, kata Jokowi, Pemerintah Indonesia juga sedang memproses penyelesaian proyek renovasi 22 stadion sepak bola di berbagai daerah.

“Dalam rangka persiapan kesana dan ini mungkin perlu saya sampaikan declaration of interest yang sudah ditandatangani oleh PSSI dan oleh Fotball Association of Singapore, semua sudah,” ujar Jokowi.

Baca juga: Menang Penalti atas Perancis, Jerman Juara Piala Dunia U-17

Terkait evaluasi penampilan Timnas U-17 yang gugur pada babak penyisihan Grup A, Jokowi menyebut seluruh proses menuju gelar juara tidak bisa diterapkan secara instan.

“Saya kira yang paling baik semakin banyak mengikuti kompetisi tingkat dunia akan semakin baik untuk U-17 atau U-20 kita, sehingga ini akan membangun masa depan sepak bola Indonesia, bukan untuk sekarang, tapi sekali lagi semakin banyak kita mengikuti kompetisi akan semakin baik,” katanya.

Leave a comment