Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Jelang Liburan Nataru 2024

By dwi kurnia
4 Min Read
Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Jelang Liburan Nataru 2024. (Foto: Suzuki)

Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 tinggal menghitung jari. Jelang memulai liburan, tentunya para pengemudi sudah mulai memeriksa kendaraannya karena akan bepergian untuk liburan. Biasanya pengecekan pada kendaraan mobil maupun motor menjadi hal utama. Tapi bagaimana dengan pengemudi lainnya yang mengalami kondisi mabuk perjalanan?

Melansir laman Kementerian Kesehatan, mabuk perjalan diakibatkan gerak yang dirasakan oleh otak melalui jalur berbeda dari sistem saraf termasuk telinga bagian dalam, mata, dan jaringan permukaan tubuh.

Baca juga: Jelang Libur Nataru, Tips Keselamatan Perjalanan Bersama Keluarga

- Advertisement -

Ketika tubuh digerakkan dengan sengaja, misalnya saat berjalan, input dari semua jalur dikoordinasikan oleh otak kita. Mabuk perjalanan disebabkan oleh sinyal campuran yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam.

Hal yang pertama yang perlu diperhatikan saat ingin melakukan perjalanan libur Nataru adalah pemilihan waktu perjalanan. Diharapkan masyarakat memilih waktu yang tidak terlalu ketat, terutama terkait jadwal libur. Sehingga bisa terhindar dari kemacetan dan mabuk perjalanan.

Untuk membuat perjalanan masih menyenangkan, berikut tips untuk mencegah mabuk perjalan.

Leave a comment