Siapa Houthi yang Diserang Amerika Serikat dan Inggris di Yaman?

By Alexander
7 Min Read
Mengenal Kelompok Houthi di Yaman (Internet)

Siapa Houthi yang Diserang Amerika Serikat dan Inggris di Yaman?

Gerakan Houthi, juga dikenal sebagai Ansarallah (Pendukung Tuhan), adalah salah satu pihak dalam perang saudara Yaman yang telah berkecamuk selama hampir satu dekade.

Gerakan ini muncul pada tahun 1990-an, ketika pemimpinnya, Hussein Al Houthi, meluncurkan “Believing Youth,” sebuah gerakan kebangkitan agama untuk sub-sekte Islam Syiah yang berusia berabad-abad yang disebut Zaidisme.

- Advertisement -

Baca juga: Tentara Israel Diterpa Wabah Serius di Jalur Gaza, Begini Penjelasan Dokter

Zaidi memerintah Yaman selama berabad-abad namun terpinggirkan di bawah rezim Sunni yang berkuasa setelah perang saudara tahun 1962.

Gerakan Al Houthi didirikan untuk mewakili Zaidi dan melawan radikal Sunni, khususnya ide-ide Wahabi dari Arab Saudi. Pengikut terdekatnya dikenal sebagai Houthi.

Ali Abdullah Saleh, presiden pertama Yaman setelah penyatuan Yaman Utara dan Selatan pada tahun 1990, awalnya mendukung “Believing Youth”. Namun seiring meningkatnya popularitas gerakan tersebut dan meningkatnya retorika anti-pemerintah, gerakan ini menjadi ancaman bagi Saleh.

Puncaknya terjadi pada tahun 2003, ketika Saleh mendukung invasi Amerika Serikat ke Irak, yang ditentang oleh banyak warga Yaman.

Bagi Al Houthi, keretakan ini adalah sebuah peluang. Memanfaatkan kemarahan publik, Houthi mengorganisir demonstrasi massal.

Setelah berbulan-bulan kekacauan, Saleh mengeluarkan surat perintah penangkapannya.

Al Houthi dibunuh pada bulan September 2004 oleh pasukan Yaman, namun gerakannya tetap hidup.

Sayap militer Houthi tumbuh seiring dengan semakin banyaknya pejuang yang bergabung dalam perjuangan tersebut.

Didorong oleh protes awal Musim Semi Arab pada tahun 2011, mereka menguasai provinsi utara Saada dan menyerukan diakhirinya rezim Saleh.

Saleh setuju pada tahun 2011 untuk menyerahkan kekuasaan kepada Wakil Presidennya Abd-Rabbu Mansour Hadi, namun pemerintahan ini tidak lagi populer.

Kelompok Houthi kembali melancarkan serangan pada tahun 2014, mengambil alih sebagian wilayah Sanaa, ibu kota Yaman, sebelum akhirnya menyerbu istana presiden pada awal tahun berikutnya.

Hadi melarikan diri ke Arab Saudi, yang melancarkan perang melawan Houthi atas permintaannya pada bulan Maret 2015.

Gencatan senjata akhirnya ditandatangani pada tahun 2022. Walau begitu, gencatan senjata tersebut berakhir setelah enam bulan namun pihak-pihak yang bertikai belum melakukan hal tersebut.

PBB mengatakan perang di Yaman telah berubah menjadi krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Hampir seperempat juta orang telah terbunuh selama konflik tersebut.

Baca juga: PM Israel Benjamin Netanyahu Yakin Dengan Mahmoud Abbas Tidak Memerintah Gaza Sebelum Hamas Hilang

Sejak gencatan senjata, Houthi telah mengkonsolidasikan kendali mereka atas sebagian besar wilayah utara Yaman.

Mereka juga mengupayakan kesepakatan dengan Saudi yang akan mengakhiri perang secara permanen dan memperkuat peran mereka sebagai penguasa negara tersebut.

Leave a comment