Mengenal BUMN Runners, Komunitas Sehat Ala Pegawai Pemerintah

By Petrus Manus da Yerimon
4 Min Read
Komunitas BUMN Runners antusias mengikuti kegiatan lari di kawasan CFD Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (25/2/2024). (FOTO: BUMN Runners)

BUMN Runners merupakan komunitas pecinta olahraga lari yang beranggotakan pegawai instansi pemerintah di lingkungan BUMN. Lari adalah olahraga yang sederhana dan tentu saja membuat tubuh lebih bugar.

Tidak heran, belakangan banyak muncul komunitas lari dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta.

Tak mau ketinggalan, sejumlah instansi BUMN pun membentuk komunitas lari yang melibatkan pegawai kantor pemerintahan. Ada sekitar 45 komunitas kecil yang terdata saat ini dari berbagai instansi seperti KAI, BRI, BNI, PLN dan lainnya.

- Advertisement -

Ada juga perwakilan dari Bank Mandiri, Askrindo dan yang lainnya.

Untuk mewadahi komunitas-komunitas kecil tersebut, kemudian disepakati satu wadah utama yang diberi nama BUMN Runners. Tujuannya agar mempersatukan para pecinta olahraga lagi yang sebelumnya tercatat di komunitas kecil BUMN.

BUMN Runners dicetuskan pada Desember 2023 lalu. Sejumlah event pun sukses digelar seperti di Magelang, Malang, Bali dan Jakarta.

Baca Juga: BUMN Runner, Bikin Candu dengan Sejuta Manfaat yang Menyehatkan

Adapun event lari yang diprakarsai BUMN Runners sifatnya adalah fun. Antusias peserta pun dikatakan sangat luar biasa.

“Awalnya kita bentuk dari hasil pertemuan beberapa komunitas runner BUMN itu bulan Desember 2023,” buka Akbar, salah satu pencentus BUMN Runners.

“Isu awalnya adalah kita sebelumnya sudah banyak komunitas runners. Ada sekitar 45, yang ada di masing-masing BUMN contohnya Electrican,” tambahnya.

Agar komunitas-komunitas kecil tersebut memberikan dampak besar, Akbar bersama beberapa rekan bertekad membangun wadah utama yang bisa jadi ajang silahturahmi antar pegawai BUMN.

Baca Juga: BUMN Runner Jakarta, Healing Murah Meriah Bikin Peserta Mandi Keringat

“Kegiatan kita awalnya belum termonetisasi dengan baik karena bergeraknya sektoral. Misalnya Pertamina bikin acara lari, ya mereka saja yang support,” tuturnya.

“Akhirnya kita beberapa orang ini cari cara ‘gimana kalau kita buat satu komunitas yang satukan BUMN’, makanya kita sepakat buat komunitas ini,” jelas Akbar.

Visi dan misi BUMN Runners adalah menyatukan semua elemen di BUMN. Selain mengajak para pegawai hidup sehat, komunitas ini juga bisa jadi ajang healing.

“Visinya adalah mengkolaborasikan komunitas runner seluruh BUMN. Nah misinya itu kita aktualisasikan dalam program mental health, lalu kita juga ada kegiatan olahraga bersama,” cetus Akbar.

Leave a comment