Kembangkan Ekosistem Halal, Wapres Ma’ruf Amin Temui PM Selandia Baru

By DP
4 Min Read
Kembangkan ekosistem halal, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin temui Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Christopher Luxon di Gedung Parlemen Selandia Baru, Selasa, 27 Februari 2024. (Foto: Antara)

Kembangkan ekosistem halal, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin temui Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Christopher Luxon di Gedung Parlemen Selandia Baru, Selasa, 27 Februari 2024.

Selain itu, Wakil Presiden Ma’ruf juga membahas langkah-langkah untuk meningkatkan neraca perdagangan kedua negara yang belakangan ini mengalami penurunan.

“Kita sepakat untuk meningkatkan terutama soal perdagangan, kemitraan kita, persahabatan kita terutama di bidang perdagangan yang akhir-akhir ini mengalami penurunan,” ujar Wakil Presiden Ma’ruf di Wellington, Selandia Baru, dilansir dari Antara.

- Advertisement -

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Minta Jenderal Maruli Simanjuntak Jaga Stabilitas-Keutuhan di Pemilu

Dalam diskusi tertutup yang berlangsung sekitar 25 menit di Speaker Lounge Selandia Baru, Gedung Parlemen Selandia Baru, kedua belah pihak telah menyetujui untuk mencari upaya peningkatan transaksi perdagangan antara Indonesia dan Selandia Baru.

Wakil Presiden mengungkapkan bahwa neraca perdagangan antara Indonesia dan Selandia Baru mengalami tren penurunan dari 2.128,7 juta dolar AS pada tahun 2022 menjadi 1.728 juta dolar AS pada tahun 2023, atau setara dengan penurunan sebesar 18,82 persen.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin: Kita Ingin Ada Penyelesaian Penghentian Pertempuran di Gaza Lewat Two State Solution

Dalam kesempatan tersebut, Ma’ruf Amin menyampaikan dua hal yang dianggap sebagai peluang untuk mengatasi kondisi neraca perdagangan kedua negara.

Leave a comment