Fakta-fakta Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur saat Penerbangan Kendari-Soetta

By Anisa
3 Min Read
Fakta-fakta Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur saat Penerbangan Kendari-Soetta (Foto: Illustrasi/Pixabay)

Pilot dan Kopilot maskapai Batik Air tertidur bersamaan saat penerbangan dari Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) ke Jakarta selama 28 menit pada 25 Januari 2024.

Hal itu pun terungkap saat Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi. Pilot dan kopilot pun menerbangkan pesawat Batik Air jenis Airbus A320 dengan kode registrasi PK-LUV.

“Pesawat itu dioperasikan pilot dan kopilit beserta 4 kru,” keterangan KNKT yang dikutip pada Sabtu, 9 Maret 2024.

- Advertisement -

Baca Juga: Profil dan Biodata Aden Wong, Suami Amy WNA Diduga Selingkuh dengan Tisya Erni

Awalnya pesawat itu terbang dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Halu Oleo di Kendar. Pada hari yang sama, pesawat pun kembali terbang ke Bandara Soetta Jakarta.

Kurang Istirahat Ngurus Bayi

Terkait hal itu, KNKT mengatakan bahwa pihaknya mendapat keterangan bahwa kopilot mengaku kurang istirahat kepada pilot. Pasalnya, kru pesawat sudah bersiap sejak 01.25 WIB.

“Penerbangan pertama dari Jakarta dijadwalkan berangkat pada 02.55 WIB (19.55 UTC) dan kru harus masuk untuk bertugas pada 01.25 LT (local time). Selama persiapan penerbangan, second in command (SIC atau kopilot) mengabarkan pilot in command (PIC atau pilot) bahwa dia kurang istirahat,” kata KNKT.

Baca Juga: Jadwal Tayang Private Bodyguard, Full Episode 1-15

Bahkan kopilot juga mengaku lelah karena membantu mengurus bayi kembarnya yang masih berusia 1 bulan dan sempat pindahan rumah pada 24 Januari.

Leave a comment