Profil dan Biodata Robert Bonosusatya, Pengusaha Terseret Kasus Dugaan Korupsi Timah

By Anisa
3 Min Read
Profil dan Biodata Robert Bonosusatya, Pengusaha Terseret Kasus Dugaan Korupsi Timah (Foto: SC Video)

Robert Bonosusatya adalah seorang pengusaha yang terseret dalam kasus dugaan korupsi timah hingga disebut sebagai mafia besar di kasus korupsi tata niaga timah di PT Timah Tbk (TINS).

Hal itu pun disampaikan oleh anggota komisi VI Mufti Aimah Nurul Anam. Ia menyebut nama pengusaha Robert Bonosusatya (RBS) sebagai mafia besar.

“Ada seorang mafia besar yaitu kami dapat infonya itu Robert Bonosusatya,” kata Mufti Aimah Nurul Anam.

- Advertisement -

Sedangkan RBS telah diperiksa sebagai saksi oleg penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk kasus dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Tahun 2015-2022.

Penasaran dengan sosoknya? Berikut profil Robert Bonosusatya dan biodata Robert Bonosusatya Inversi.id rangkumkan untuk Anda.

Sosok Robert Bonosusatya

Robert Bonosusatya dikenal sebagai seorang pengusaha terkenal. Ia merupakan komisaris utama PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, perusahaan operator jalan tol.

Sosoknya pun diduga menjadi official benefit atau penerima manfaat. Ia diduga memiliki peran menyuruh Harvey Moeis dan Helena Lim untuk memanipulasi uang hasil koruosi dan modus CSR.

Baca Juga: Kejagung Sita Dua Mobil Mewah Tersangka Harvey Moies, Intip Mereknya

“RBS diduga berperan yang menyuruh Harvey Moeis dan Helena Lim untuk dugaan memanipulasi uang hasil korupsi dengan modus CSR,” kata Koordinator MAKI, Boyamin Saiman.

Boyamin Saiman juga mengungkapkan bahwa RBS terduga official benefit dari perusahaan-perusahaan pelaku penambangan timah ilegal sehingga semestinya RBS dijerat dengan ketentuan tindak pidana pencucian uang guna merampas seluruh hartanya guna mengembalikan kerugian negara dengan jumlah fantastis.

Leave a comment