Nasib Apple di Ujung Tanduk Usai iPhone 15 Diklaim Gagal Total, Ini Faktanya

By DP
2 Min Read
Penjualan iPhone di China turun 19% secara tahunan pada kuartal pertama tahun 2024, menurut laporan dari perusahaan riset Counterpoint. Sebelumnya, laporan dari IDC juga mencatat penurunan sebesar 9,6% dalam penjualan global iPhone pada periode yang sama. (Foto: apple.com)

Penjualan iPhone di China turun 19% secara tahunan pada kuartal pertama tahun 2024, menurut laporan dari perusahaan riset Counterpoint. Sebelumnya, laporan dari IDC juga mencatat penurunan sebesar 9,6% dalam penjualan global iPhone pada periode yang sama.

Apple menghadapi tantangan yang serius dari pesaing lokal di China, terutama Huawei, yang telah bangkit sejak peluncuran seri Mate 60 tahun sebelumnya.

Baca Juga: Jokowi Ajak Apple Bentuk Pusat Inovasi di Indonesia

- Advertisement -

Pangsa pasar Apple di pasar smartphone terbesar di dunia turun menjadi 15,7% pada kuartal pertama 2024 dari 19,7% sebelumnya. Ini membuat Apple berhadapan langsung dengan Huawei yang berhasil meningkatkan penjualannya sebesar 70% secara tahunan.

Apple akhirnya kehilangan posisinya sebagai pemimpin pasar smartphone di China, dengan Vivo menggantikannya di peringkat teratas. Di peringkat kedua, ada Honor, yang dulunya merupakan sub-merek dari Huawei.

Baca Juga: Alasan Tim Cook Buka Apple Developer Academy di Bali, Suka dengan Budayanya?

Apple mulai mengurangi ketergantungannya pada China, terutama setelah mengalami kendala produksi selama pandemi dan meningkatnya ketegangan geopolitik antara China dan Amerika Serikat.

Leave a comment