Anggota X DPR Soroti Sistem Pendidikan, Investasi Masa Depan Bukan Bisnis Negara

By dwi kurnia
3 Min Read
Anggota X DPR Soroti Sistem Pendidikan, Investasi Masa Depan Bukan Bisnis Negara. (Foto: Wisudawan dan Wisudawati Universitas Indonesia)

Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah menyoroti sistem Pendidikan lantaran menyayangkan sikap Pemerintah Indonesia yang memutuskan untuk melakukan kapitalisasi perguruan tinggi.

Maka dari itu, Ledia mengingatkan negara seharusnya hadir memberikan kemudahan akses pendidikan untuk mencerdaskan bangsa, bukan untuk sekadar memenuhi kebutuhan pasar. Bahkan, perguruan tinggi merupakan investasi negara terhadap tumbuh kembang masa depan generasi bangsa, bukan bisnis negara.

“Lihat sekarang (kondisi pengelolaan institusi pendidikan tinggi), kita bisa membayangkan. Perguruan tinggi negeri seharusnya bergerak di sektor akademis, bukan bisnis, tapi sekarang mereka harus berpikir bagaimana menghidupi bidang usahanya supaya (perguruan tinggi) hidup. Kalau tidak berhasil, semua operasional dibebankan kepada mahasiswa,” ungkap Ledia melalui keterangan resminya, Sabtu (11/5/2024).

- Advertisement -

Di sisi lain, Politisi Fraksi PKS itu menyoroti soal desain pendidikan di Indonesia yang dinilai tidak matang direncanakan dan diantisipasi oleh pemerintah.

Baca juga: Komisi XI DPR: Stabilitas Transisi Kekuasaan Kunci Penting Hadapi Gejolak Ekonomi Global

Leave a comment